Teknologi

Apakah Akibat Paket Ini, Indosat Keluhkan Tentang Perang Tarif Data?

Indosat Ooredoo, Foto via Achmad Rouzni Noor II/detikINET

Assalamu’allaikum….

Hari ini Operator Seluler Indosat mengirimi surat ke Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara. Dalam surat itu President Director & CEO Indosat Ooredoo Alexander Rusli mengirimkan surat penting. Ternyata isi dari surat yang dilayangkan oleh Indosat Ooredoo adalah ada permintaan untuk membuat aturan tarif internet.

Isi surat yang mana tembusannya ikut dikirimkan kepada Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution ini, berisi tentang curhatan President Director & CEO Indosat Ooredoo Alexander Rusli, dimana ia menyampaikan keprihatinan Indosat atas kondisi persaingan usaha di sektor telekomunikasi, terutama dalam penyediaan layanan komunikasi data yang diklaim pada situasi persaingan usaha tidak sehat.

Keluhan Indosat Ooredoo

Dalam kutipan surat yang Rizensia dapat dari Detiknet bahwa. “Operator terjebak dalam perang tarif yang berbahaya bagi keberlangsungan industri telekomunikasi. Tingkat harga layanan komunikasi data di Indonesia sudah sangat rendah dan jauh di bawah harga layanan sejenis di negara lain. Layanan ini dijual dengan harga di bawah biaya produksi,” tulis Alex.

Inti dari surat itu adalah desakan Indosat kepada Kominfo sebagai regulator untuk membuat aturan tentang batas bawah layanan komunikasi data. Indosat merasa pemerintah pun harus menerbitkan aturan batas bawah layanan komunikasi data, karena sebelumnya Kominfo menerbitkan aturan untuk tarif layanan komunikasi voice dan SMS.

Kemudian lajutan dari surat itu. Layanan voice dan SMS semakin menurun, dan data terus mengalami pertumbuhan digunakan oleh pelanggan. Situasi tersebut membuat operator seluler terjebak dalam perang tarif yang berbahaya bagi keberlangsungan industri telekomunikasi di Tanah Air. “Tarif layanan komunikasi data seperti untuk kebutuhan WhatsApp, Facebook, Twitter, YouTube, dan lainnya terbilang rendah dan jauh di bawah harga layanan sejenis di negara lain,” keluh Alex.

Indosat Gentar Dengan Persaingan?

Dari keluhan President Director & CEO Indosat Ooredoo Alexander Rusli tersebut, apakah mungkin Indosat gentar dengan promo yang dikeluarkan oleh Telkomsel kepada beberapa pelanggannya. Karena untuk beberapa bulan belakangan ini operator milik Telkom Group tersebut, gencar mengeluarkan paket dan kartu perdana khusus bagi pelanggannya.

Bahkan didunia maya sempat heboh dengan kartu milik Telkomsel yang dijuluki sebagai ‘Kartu Sakti’, dan belum lama ini Admin pernah melihat teman Admin membagikan screenshot tentang sebuah paket khusus dengan harga Rp1000 bisa beli paket berkuota 2GB.

Apakah hal inilah yang membuat Indosat berinisiatif untuk mengajukan kepada Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara tentang aturan batas bawah layanan komunikasi data? Kita tunggu saja Informasi selanjutnya…. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X