Teknologi

11 Keunggulan Aplikasi Messenger Telegram

Logo Telegram. Foto via SPORTTAINMENT
Logo Telegram. Foto via SPORTTAINMENT

Assalamu’allaikum…

Rizensia.com – Telegram, akhir ini menjadi sorotan masyarakat Indonesia, karena akisi pemblokiran yang di lakukan oleh Pemerintah membuat banyak penggunanya menjadi kecewa. 

Telegram sendiri adalah Aplikasi pesan instan yang berasal dari negara Russia, Aplikasi ini mempunyai keunggulan jika dibandingkan dengan Aplikasi pesan instan lainnya seperti WhatsApp, Facebook Massenger, dan Line. Salah satu keunggulan yang paling menonjol adalah masalah ke aman, mungkin inilah yang menjadi alasan Pemerintah memblokir Telegram.

Selain keamana Telegram sendiri mempunyai keunggulan lainya. Lalu, apa saja keunggulan dari Aplikasi pesan instan Telegram? Berikut 11 keunggulannya :

# 100% Gratis

Telegram dari awal kemunculannya sudah menawarkan layanan yang gratis dan tanpa memiliki iklan. Konsistenya Telegram inilah yang menjadi daya tarik, jika dibandingkan Allikasi pesan instan lainnya.

# Mengirim Pesan Lebih Cepat

Banyak para penggunanya Telgram merasakan, bahwa aplikasi pesan instan ini dalam mengirim pesan lebih cepat ketimbang menggunakan Aplikasi sejenisnya. 

# Respon Aplikasi Yang Cepat

Selain menawarkan pengiriman pesan lebih cepat, Telegram juga menawarkan keunggulan didalam penggunaan aplikasi karena respon aplikasi yang kecepatan. Hal ini terjadi karena Telegram memakai sistem berbasis cloud dan pilihan menejemen cache, sehingga tidak mengambil ruang penyimpanan yang besar pada smartphone.

# Telegram Dapat diakses Secara Bersamaan dari Berbagai Perangkat

Meski WhatsApp menawarkan layanan yang sama, tetapi yang membedakan ialah WhatsApp di PC mengharuskan Aplikasi di WhatsApp pada smartphone tetap aktif. Sendangkan Telegram aplikasi berbasis pesan ini menggunakan sistem teknologi penyimpanan berbasis cloud, sehingga proses singronisasi lebih cepat dan menghemat kuota data Internet.

# Telegram Bisa Berbagi File Berukuran Besar

Telegram sudah sejak lama menawarkan layanan berbagi file dengan ukuran maksimum 1,5 GB, tak hanya itu di Aplikasi ini juga bisa mengirim berbagai jenia file foto, video, file (doc, zip, mp3, dan lain-lain).

# Layanan Grup Telegram Menampung Lebih Banyak.

Jika di Aplikasi pesan instan sejenis dalam layanan grup hanya menampung ratusan member grup saja, maka Telegram bisa menampung member grup hingga 5.000 orang. Jumlahnya sama dengan kapasitas berteman di Facebook loh…..

# Telegram Punya Fitur Channel

Bedah halnya dengan pesan instan lainnya, telegram mempunyai layanan proses penyiaran (broadcasting) dilakukan dengan benar menggunakan sistem Channel. Di layanan ini, Telegram tak membatasi jumlah anggotanya. 

Uniknya dari fitur ini, pengguna tidak bisa membandingkan jumlah anggota pada setiap channel, karena sistemnya yang membuat pengguna tidak bisa membandingkan. Bedah halnya dengan layanan Sosial Media seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan Youtube dengan mudahnya penggunanya mengetahui jumlah pengikut setiap akun, bahkan para penulis bisa mengambil ide artikel dengan membandikan banyak jumlah pengikutnya hehehehe…. 😀 :p

Inilah yang membuat sebagain masyarakat Indonesia memilih Telegram sebagai media belajar seperti masalah ekonomi, marketing, bisnis, kesehatan, media belajar positif lainnya. Karena didalamnya pengguna yang mengikiti Channel betul-betul ingin belajar, bukan ingin eksis, dan ikut-ikutan. 😀 🙂

# Telegram punya fitur Bot.

Fitur Bot adalah layanan akun yang dijalankan oleh aplikasi (bukan) orang. Bot ini dilengkapi fitur AL (Artificial Intellegence–kecerdasan buatan). Sehingga Bot dapat melakukan apa saja seperti game, broadcasting, jualan pulsa, PPOB dan aktivitas di internet lainnya.

# Lebih interaktif.
Fitur grup chat di Telegram lebih hidup dengan fitur Reply, Mentions, Hashtags, dan Forwards. Uniknya lagi pengguna Telegram bisa membuat stiker sendiri.

# Telegram lebih aman.

Dibandingkan dengan Aplikasi instan sejenisnya, Telegram lebih aman. Kemudian, aplikasi ini juga menawarkan fitur secret chat yang lebih aman.

Karena percakapan menggunakan aplikasi ini dienkripsi dengan AES-256 menggunakan MTProto yang dikembangkan oleh Telegram. Ini memungkinkan percakapan terjadi hanya antar dua pengguna yang mengetahuinya, sehingga program apapun tidak bisa meretas percakapan tersebut.

# Auto Account Deletion

Fitur yang satu ini secara otomatis akan bekerja apabila pengguna tidak menggunakan aplikasi ini selama kurun waktu yang di tentukan oleh pihak Telegram. Nantinya Telegram secara otomatis menghapus akun pengguna sekaligus chat, grup, pesan, serta kontak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X