Teknologi

Operator Ceria Berubah Menjadi Net1 Indonesia

Logo Net1 Indonesia (@Net1id)

Assalamu’allaikum….

Beredarnya rumor bahwa PT Sampoerna Telkomunikasi Indonesia (STI) telah mengubah merek dagang Ceria menjadi Net1 Indonesia dan memilih mengembangkan teknologi 4G. Sebelumnya Ceria sendiri adalah operator CDMA (Code Division Multiple Accsess).

STI adalah bagian dari Sampoerna Strategic Group. Sebelumnya STI lebih kita kenal dengan nama Ceria sebagai kelanjutan dari PT Mobile Seluler Indonesia (Mobisel) dan PT Mandara Seluler Indonesia (Mandara).

Operator ini, menjadi satu-satunya operator telekomunikasi Indonesia yang beroperasi pada frekuensi 450Mhz dengan menggunakan teknologi CDMA2000 1x. STI sendiri mempunyai lisensi mobilitas penuh dengan jangkauan nasional. Namun, untuk jangkauan layanan STI baru menjangkau pulau Sumatera, Jawa, Bali dan Lombok.

Pada Februari lalu, STI mengumumkan berhasil mengantongi izin untuk menggelar jaringan 4G LTE di frekuensi 450Mhz secara nasional. Langkah STI masuk di layanan 4G seperti yang diberitakan Indotelko, tak bisa terlepaskan dari pengaruh masuknya Investor baru di STI.

Keberanian Sampoerna Group menggarap 4G tak bisa dilepaskan dari masuknya investor AINMT. AINMT Holdings (AINMT), perusahaan induk dari AINMT Skandinavia Holdings dan AINMT International Holdings mengumumkan penandatanganan perjanjian untuk berinvestasi di STI pada bulan Januari 2016.

Dikutip dari situs TeleGeography mencatat bahwa kelompok AINMT mengoperasikan layanan 450MHz 4G LTE di Swedia, Norwegia dan Denmark di bawah net 1 dan ice.net merek, dan juga hadir di Filipina melalui unit jaringan 450MHz lain, Broadband Everywhere (BE).

Berubahnya Ceria menjadi Net1 Indonesia, semoga bisa menjadi pilihan baru bagi masyarakat dan terutama soal jangkauannya semoga bisa masuk ke pulau-pulau lainnya seperti Sulawesi, Kalimantan, dan Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X