Teknologi

Kelebihan Galileo Sistem Navigasi Baru Kepunyaan Eropa, Pesaing GPS dan Glonass

Ilustrasi Sistem Navigasi Galileo. screenshot rizensia.com dari DW

Assalamu’allaikum…..

Rizensia.com – Sadar atau tidak, sistem navigasi milik Amerika Serikat yaitu GPS menjadi sistem navigasi yang paling dikenal oleh dunia. Bahkan kehadiran teknologi GPS sudah sampai ketangan kita.

Ya…. Sekarang hampir semua Smartphone menggunakan sistem navigasi GPS yang dibuat oleh negara adidaya tersebut. Akan tetapi dalam perkembangan sistem navigasi, ternyata GPS bukan menjadi sistem navigasi satu-satunya dan tanpa mempunyai pesaing.

Karena saat ini terdapat tiga sistem standar navigasi satelit, dimana GPS milik Amerika Serikat, Glonass miliki Russi dan sistem navigasi terbaru yaitu Galileo milik negara-negara Eropa.

Meski telah dipersiapkan selama kurang lebih 17 tahun, sekarang sistem navigasi Galileo sedang dalam tahap peluncuran. Kelebihan yang di tawarkan oleh Galileo ternyata memiliki tingkat akurasi yang sangat baik jika dibandingkan dengan GPS dan Glonass.

Sistem navigasi milik negara-negara eropa ini mempunyai dua layanan yaitu versi gratis dan berbayar. Untuk versi gratis memungkinkan sebuah perangkat penerima sinyal Galileo menentukan posisi real-time dengan tingkat akurasi sekitar 1 meter, sendangkan versi berbayar mampu memberikan tingkat akurasi sampai satuan sentimeter.

Sampai tahun 2020, direncanakan akan ada 30 satelit yang akan memberikan layanan navigasi akurat kepada dunia. Dengan kehadirannya sistem navigasi Galileo membuat kebutuhan akan navigasi yang lebih akurat akan terjawab dengan kehadiran sistem navigasi Galileo yang dikembangkan oleh negara-negara Eropa. Sementara untuk biaya pengembangan program sistem navigasi ini, membutuhkan biaya lebih dari 5 miliyar euro. (DW/id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X