Teknologi

Ternyata Ini Alasan Kenapa Nama Domain Dot TK Gratis

Assalamu’allaikum….

Bagi para penggiat blog, pasti mengenal nama domain Dot TK (.tk). Domain ini kita kenal dengan domain yang ditawarkan secara gratis, hal inilah yang membuat banyak orang memilih untuk menggunakan Dot TK sebagai domain untuk blog pribadi, atau situs-situs lainnya.

Dot TK. Foto Screenshot

Lalu, pernah kah Anda berfikir apakah maksud dibalik domain Dot TK digratiskan? tanpa harus bayar sepeser pun. Kemudian, keuntungan dari pengelolah domain dari mana?

Nah, pada artikel kali ini Rizensia akan membahas alasan dibalik gratisnya domain Dot TK tersebut.

Tahu tidak, bahwa domain Dot TK adalah domain kode dari sebuah negara di Samudra Pasifik, jika di Indonesia kita mengenal Dot ID (.id, .co.id, .web.id dan lain-lain) sebagai domain kode negara kita. Maka Dot TK adalah kepanjangan dari sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik yaitu Tokelau.

Kehadiran Dot TK adalah hasil dari kerjasama dari Pemerintah Tokelau, melalui perusahaan telekomunikasi negara tersebut yaitu Teletok, dan BV Dot TK, sebuah perusahaan swasta. Sehingga secara langsung menjadikan BV Dot TK sebagai entitas registrasi eksklusif dari domain Dot TK dengan nama Dot TK Registry.

Dot TK Registri dikendalikan dan didanai perusahaan swasta dan memiliki kantor perwakilan di beberapa ibukota negara, seperti Amsterdam (Belanda0, London (United Kingdom), dan Douglas (Isle of Man). Dengan bermodalkan tim menajemen, seorang staf berpengalaman, multi-redundant backbones di semua negara dan DSN root-server yang berlokasi di semua sudut bumi, sehingga membuat dot tk dapat menampung jutaan registrasi.

Kenapa Domain Dot TK di gratiskan?

Ternyata melalui layanan domain bisa mengangkat nama dari sebuah negara. Hal inilah yang dilakukan oleh Pemerintah Tokelau melalui kerjasama yang dilakukan bersama perusahaan Teletok dan Dot TK Registri.

Mereka menyadari bahwa domain Dot TK dapat membawah perubahan sosial pada kehidupan masyarakat. Mereka yakin dengan melalui domain bisa menyebarkan informasi akan keberadaan Tokelau kepada seluruh dunia, menjalin hubungan dengan perusahaan yang lebih besar yang dapat menyediakan komunikasi, pendidikan, dan tenaga medis daerah ke negara kepulauan tersebut.

Kemudian, secara langsung bisa mendanai kepulauan Tokelau dengan royalti yang didapatkan melalui nama domain yang terjual. Dengan demikian Pemerintah Tokelau dapat lebih bertumbuh ke arah independen secara finansial.

Domain Dot TK sendiri telah ada sejak tahun 2001, domain ini pun telah digunakan oleh jutaan orang diseluruh dunia. Uniknya untuk mendapatkan domain ini tak perlu membayar sepeser pun alias (gratis).

Meski gratis, domain ini memiliki kebijakan, salah satunya apabila sebuah domain gratis digunakan untuk konten ilegal dan spam, maka secara langsung hak pakai domain tersebut dicabut. Dan Anda pun bisa mendapatkan layanan penuh dari Domain Dot TK, akan tetapi Anda dikenakan biaya didalam menggunakan domain tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X