Teknologi

Lindungi Data Di Smartphone Dengan 3 Cara Ini

Assalamu’allaikum….

Berkembangnya dunia digitalisasi tentu membuat segala aktivitas kita tak akan terlepas dari perangkat mobile. Smartphone menyediakan solusi-solusi yang tentunya membuat kita terbantu didunia keseharian kita.

Seperti menyimpan data-data penting di smartphone menjadi salah satu cara yang terbaik, karena dengan kemudahan, dan bisa dibawah kemana-mana membuat smartphone manjadi tempat penyimpanan data-data berharga.

Ilustrasi. Smartphone Hilang.
Ilustrasi. Smartphone Hilang.

Tapi, bagaimana jika hal buruk terjadi seperti kehilangan smartphone. Mungkin bagi sebagian orang kehilangan smartphone tak seberharga dengan data-data yang ada didalamnya, lalu bagaimana cara agar kita bisa menyelamatkan data-data yang terdapat didalam smartphone??

Nah, pada artikel ini Rizensia bagikan cara mengantisipasi kejadian seperti kehilangan smartphone, atau kerusakan smartphone akibat jatuh, agar data didalamnya bisa didapatkan kembali.

Mengembalikan Data dengan Aplikasi Store Bawaan OS

Jika kehilangan data Anda tak perlu cepat-cepat panik, karena ada cara memulihkan atau mengembalikan data-data dengan melakukan penyetelan di Play Store atau Apps Store. Kamu bisa menggunakan cara pemulihan lewat opsi lain dengan sistem pemulihan data di perangkatmu.

Menggunakan Eksternal Hard Disk

Jika Smartphone Anda rusak akibat terjatuh, tercelup ke air dan lain sebagainya. Dengan menggunakan cara Eksternal Hard Disk kamu bisa menyelamatkan data-data berharga di dengan cara ini.

Untuk Anda pengguna iPhone, Anda dapat mencadangkan seluruh datamu melalui Time Machine, dimana sebuah piranti lunak iOS. Time Machine akan memuihkan data-datamu.

Sendangkan untuk Android, Anda bisa mentransfer data ke PC dengan cara menggunakan kabel data atau memasukan memory card. Nantinya Anda bisa menyimpan data-data di komputer atau hard disk eksternal Anda.

Menggunakan Layanan Cloud

Menyimpan data dijaman sekarang ini tak hanya ditempatkan di memory yang berbentuk fisik saja, akan terdapat juga layanan penyimpanan Cloud yang dapat Anda gunakan didalam menyimpan data penting. Seperti layanan, Dropbox, Google Drive, dan One Drive. Anda bisa mengaploud data-data penting ke layanan tersebut dengan cara yang sangat mudah.

Dan sewaktu-waktu Anda mengganti smartphone, Anda bisa memindahkan data dengan cara menyingkronkan akun Cloud ke akun dismartphone kamu. Dengan menggunakan cara ini, selain hemat ruang penyimpanan data-data yang Anda simpan pun akan terjaga dengan aman di layanan cloud tersebut.

Semoga tips-tips diatas bisa membantu Anda, selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X