Inspirasi, Teknologi

Meski Tak Memiliki Gelar Sarjana, Mereka Sukses Membangun Perusahaan Skala Dunia

Assalamu’allaikum….

Kunci sukses seseorang tidak bisa kita ukur dari bidang kependidikan, mendapatkan gelar sarjana pun belum tentu seseorang bisa sukses. Akan tetapi untuk menggapai kunci kesuksesan di dalam bisnis teknologi komunikasi, ide dan inovasi lah menjadi kunci suksesnya.

Bill Gates. Foto via DW.com/id
Bill Gates. Foto via DW.com/id

Hal inilah yang dilakukan oleh para petinggi perusahaan teknologi dunia, dimana mereka sekarang sukses menjadi petinggi di perusahaan yang mereka bangun. Siapa saja kah orang yang sukses membangun perusahaan, meski mereka tak memiliki gelar sarjana. Ini dia :

Bill Gates dengan kekayaan US$ 81,2 milyar

Tau tidak dengan nama Microsoft, perusahaan software komputer terbesar di dunia. Bahkan pendiri Microsoft didaulat oleh majalah Forbes sebagai orang terkaya di dunia, Bill Gates sendiri pernah mengenyam pendidikan di Harvard University.

Akan tetapi ia hanya bertahan dua tahun duduk di bangku kuliah dan bersama temannya Paul Allen, Bill Gates mendirikan perusahaan yang sekarang kita kenal dengan Microsoft, dimana sekarang perusahaan tersebut mempekerjakan sekitar 127.000 orang.

Michael Dell dengan Kekayaan US$ 22,4 milyar

Anda tau tidak dengan perusahaan komputer DELL? Pada awalnya Michael bercita-cita menjadi dokter dan berkuliah di University of Texas pada 1983. Akan tetapi ia tak mampu membendung minatnya pada komputer, sehingga ia harus memutuskan meninggalkan bangku kuliah dan memilih mendirikan perusahaan yang diberinama DELL, pada Februari 1984.

Pada awalnya DELL hanya mempekerjakan satu orang itu sekarang telah bertransformasi dan memiliki sekitar 103.000 pekerja. Perusahaan DELL sekarang menjelma menjadi perusahaan komputer terbesar didunia.

Marck Zuckerberg US$ 331,1 milyar

Membaca namanya, pasti Anda langsung mengetahuinya adalah pendiri jejaring sosial media Fecebook. Sebelum ia menjadi seperti sekarang ini, ia pernah berkuliah di Informatika dan Psikologi, Harvard University pada tahun 2006 atau setelah dua tahun mendirikan Facebook.

Bahkan sekarang, Mark Zuckerberg tidak pernah absen dalam daftar tokoh kaya dan berpengaruh versi majalah Time. Sekarang Facebook sendiri telah menjelma menjadi perusahaan besar didunia, dengan memiliki sejumlah jejaring sosial media seperti Facebook.com, Instagram, dan Whatsapp.

Steve Jobs dengan kekayaan US$ 8,3 milyar

Steve Jobs menjadi orang selanjutnya. Meski tak memiliki gelar sarjana, tetapi ia sukses membesarkan Apple menjadi perusahaan komputer eksklusif. Bahkan meski ia telah meninggal, sosoknya masih melekat dan tidak bisa terpisahkan dari Apple.

Sekarang Apple menjadi merek perusahaan yang memiliki produk-produk yang sangat eksklusif, bahkan produk-produk smartphone mereka sangan digandrumi. Bahkan ada yang sampai relah berantri berjam-jam demi mendapatkan smartphone keluaran terbaru dari Apple.

Jan Koum dengan kekayaan 7,5 milyar

Berawal dari keluarga mskin yang bergantung pada tunjangan pemerintah. Pendiri dan CEO WhatsApp kini sukses. Pada Awalnya Koum diajak oleh Brian Acton masuk ke Yahoo dan berkerja semala hampir 10 tahun, kemudian mereka berdua melamar Facebook, namun ditolak pada Januari 2009.

Kemudian, saat memegang iPhone, ia menyadari peluang pasar bagi aplikasi ponsel pintar. Setelah satu bulan ia bersama Acton ia mendirikan WhatsApp.

Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X