Teknologi, Tips & Trik

Saat Smartphone Hilang: Ini Yang Perlu Anda Lakukan

Assalamu’alaikum….

Bagi orang yang sudah sangat intim dengan smartphone. Ketika hal buruk menimpah smartphone mereka seperti hilang, terkadang pemilik smartphone akan langsung frustasi dan langsung merasa panik. Karena selain smartphone yang menghilang, data (password ATM, password sosmed dan lainnya) turut raip bersama smartphone. Data pun terancam diketahui oleh para yang menemukannya atau pencuri.

Ilustrasi. Smartphone Hilang.
Ilustrasi. Smartphone Hilang.

Tentu ini akan membuat pemilik smartphone langsung merasa panik dan frustasi saat mengetahui smartphone hilang. Padahal Anda jangan langsung panik, karena ada beberapa cara yang dapat dilakukan ketika smartphone Anda hilang dan ingin mencari tahu keberadaan dari smartphone yang hilang tersebut.

Nah, berikut ini Admin akan membagikan tips yang harus dilakukan saat smartphone hilang. Ini dia:

Pertama, Hubungi Operator

Tips pertama yaitu saat smartphone Anda hilang, lakukan sesegera mungkin untuk menghubungi pihak operator agar mematikan layanan seluler ke nomor yang terpasang pada smartphone yang hilang tersebut.

Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya penipuan mengatasnamakan Anda, seperti mengirim pesan ke keluarga untuk mengisi pulsa ratusan ribu. Padahal nomor tersebut hilang bersama smartphone yang hilang tersebut.

Kedua, Aplikasi Terpenting

Jangan terlebih dahulu merasa frustasi, takut atas menghilangnya smartphone Anda, karena ada beberapa tips yaitu dengan menginstal aplikasi yang memudahkan pencarian smartphone. Nah, berikut ini aplikasi yang bisa membantu Anda dalam mencari smartphone Anda, bagi Operasi Sistem iOS bisa meng-instal aplikasi Find y iPhone, dan di Android kamu bisa mengandalkan Aplikasi Prey, Mobile Defense, dan Lookout.

Tips Ketiga, Ganti Password

Kalau kehilangan smartphone mungkin bisa digantikan dengan smartphone yang baru, tetapi bagaimana dengan data-data penting yang terdapat di smartphone yang hilang. Maka Anda harus dengan sigap untuk mengganti password seluruh akun sosmed, password ATM, Mobile Banking, dan lain sebagainya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Tips Keempat, Menggunakan Mesin Pencari Google

Mesin pencari Google tak hanya bisa digunakan dalam mencari suatu artikel, gambar atau file-file tertentu saja. Tetapi mesin pencari raksasa ini menyediakan fitur yang bisa digunakan dalam mengetahui keberadaan smartphone hilang tersebut.

Dengan cara memasukan kata kunci “find my phone” dan tekan enter, maka google akan langsung meminta untuk memasukan akun gmail yang Anda gunakan di smartphone Android Anda yang hilang.

Nanti, mesin pencari akan memperlihatkan peta dimana lokasi smartphone Anda berada. Tetapi Anda perlu memperhatikan dibagian kanan bawah peta atau tepat di sebelah kanan nama ponsel. Anda akan melihat ikon smartphone dan menu “Ring” atau “Deringkan”. Kemudian klik menu tersebut untuk membuat ponsel berdering selama lima menit, jika sudah Anda temukan maka tekan tombol on/off untuk mematikan dering pada smartphone yang hilang tersebut.

Tips Kelima, Buka Fitur “Recover” atau “Pulihkan”.

Fitur diatas akan membantu Anda dalam mengamankan smartphone Anda, agar smartphone yang dicari aman dan tidak bisa diakses atau dibuka oleh orang yang tidak Anda inginkan.

Tips Keenam, Android Device Menager (ADM)

Jika Anda menggunakan fitur tersebut maka Anda tidak perlu khawatir, karena fitur ini lebih lengkap. Karena didalamnya terdapat opsi melacak smartphone, menghapus data, dan menyembuyikan Android dari jarak jauh.

Cara menggunakannya dengan cara mengakses URL berikut : www.google.co.id/android/devicemanager dari PC atau Leptop anda. Laman akan “dioper” ke sebuah peta khusus aplikasi ADM. Nantinya, ADM akan menampilkan nama ponsel yang memakai akun Gmail Anda.

Di bawah kolom nama/kode smartphone, Anda bisa menemukan tiga menu tab berlogo ponsel, yakni menu “Ring”, “Lock”, dan “Erase”. Dimana fungsi dari menu Ring dipakai untuk menghidupkan dering ponsel, cara ini berguna saat lupa menaruh smartphone dimana.

Menu “Lock” ialah digunakan disaat ingin mengunci smartphone dari jarak jauh. Kemudian menu “Erase” dimana menu ini digunakan untuk mengamankan data yang ada di smartphone yang hilang agar tidak disalah gunakan. Jadi menu ini akan bekerja untuk menghapus seluruh data ponsel yang hilang dari jarak jauh.

Itulah tips yang Anda harus lakukan disaat smartphone hilang. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X