Teknologi, Top

Mulai Sekarang Melek Teknologi Agar Bisa Bersaing!

Assalamu’alaikum….

Isu sekarang yang lagi mengemuka di daratan Eropa bahkan sudah diakui oleh Indonesia adalah tantangan dimasa depan, dimana pakar-pakar teknologi informatika dan teknik robotika akan semakin dicari. Kenapa? Karena jika suatu negara yang tidak siap mengantisipasi, akan kalah dalam persaingan gelobal. Para pekerja yang tak melek teknoogi, nantinya hanya akan bertindak sebagai kuli.

Anak SD Memprogram Robot.
Anak SD Memprogram Robot.

Inilah yang membuat beberapa negara bahkan didunia menggenjot anak-anaknya untuk melek teknologi, salah satu negara yang gencar menyiapkan generasi IT adalah Kroasia dimana mereka menyiapkan siswa SD jadi perogram robotika dengan teknologi komputer.

Negara dengan populasi 4 juta tersebut, mulai mendorong secara intensif untuk melatih anak-anak sejak SD dalam bidang IT dan Robotika. Bahkan negara tersebut bekerjasama dengan lembaga swasta yaitu IRIM (The Institute for Youth Development and Innovativeness).

Diberitakan oleh DW.de yang dikutip Rizensia.com. Lembaga saat ini telah menyumbang 2000 robot bagi sekitar 60 sekolah di seluruh Kroasia. Mengapa robot? Argumennya, robotika dan otomatisasi produksi merupakan sarana ideal bagi anak-anak untuk memasuki dunia pemrograman. Para siswa SD juga menyambut antusias program tersebut dan berlomba-lomba membuat aplikasi pemrograman cerdas bagi robot-robot kecil yang mereka rakit sendiri.

Hal ini telah membuahkan hasil, anak SD di Kroasia sekarang telah lihai membuat pemprograman standar untuk menggerakan robot kecil Mbot. Bahkan salah satu siswa SD di Kroasia Sven Zerjav siswa kelas 4 mengatakan

“Kami menulis sendiri programnya di komputer, mengujicoba gerakan brobot, dan terbukti sukses”.

Pakar robotika di Kroasia yaitu Profesor Maja Macinko Kovac yang juga mengajarkan anak SD dalam memprogram robot mengungkapkan pada DW.de

“Sekarang ini saja, tuntutan kerja dengan basis pengetahuan komputer sudah jadi kelaziman. Dan di masa depan, teknik robotika, akan membuka cakrawala dunia kerja bagi anak-anak kami”.

Bahan pernyataan tersebut diamini oleh Paolo Zenzerovic dari IRIM.

“Anak-anak memperoleh kemampuan mekanik dan motorik saat merakit robot. Mengikuti cara berpikir logik saat membuat pemprograman dan menggerakkan robot.”

IT dan robotika menjadi sektor paling dicari, karena kedepannya sektor ini tak hanya digunakan dalam sektor industri saja, akan tetapi hampir disegala lini baik itu Industri, Pemerintahan, Pertambangan, dan lain sebagainya. Jadi sangat perlu untuk melek terhadap Teknologi agar bisa bersaing kedepannya. 😉

Kamu bisa melihat video anak-anak Kroasia dalam memprogram robot disini: Anak-anak Pakar Robotika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X