Otomotif, Teknologi

Mobil Ini Bisa Saling Berinteraksi & Terhubung Satu Sama Lain

Assalamu’alaikum….

Pabrikan otomotif sekarang ini tengah mengembangkan komunikasi antar mobil dimana nantinya mobil akan saling terhubung dan berbicara satu sama lain. Hal ini bukanlah hanya angan-angan saja, karena sekarang pabrikan seperti Volvo Mercedez-Benz, dan Toyota sudah menerapkannya.

Salah satu contoh penerapannya. Foto via autonews.com
Salah satu contoh penerapannya. Foto via Autonews.com

Salah satu fungsi Teknologi ini adalah ketika suatu mobil melewati jalan licin atau berhadapan dengan berbagai macam rintangan, maka mobil yang sebelumnya melewati jalan tersebut akan menginformasikan kondisi tersebut di Cloud. Selanjutnya, mobil yang akan melaju ke arah jalan tersebut akan menerima informasi dari cloud sehingga pengemudinya akan bersiap mengatasinya kondisi jalan tersebut.

Baca Juga: Mengenal Layanan Telkomsel T-Bike

Agar sistem ini bisa saling terhubung maka jaringan internet sangat dibutuhkan, agar fitur ini bisa berfungsi dengan baik. Dalam waktu dekat, sistem ini sepertinya belum akan masuk ke Indonesia. Pabrikan seperti Volvo masih akan fokus di kawasan Eropa, dan beberapa kawasan lainnya yang belum diungkapkan secara pasti oleh mereka.

Mobil Volvo yang sudah menerapkan teknologi seperti ini adalah mobil seri 90 Volvo seperti S90, V90 dan XC90. Dan dari pabrikan lainnya seperti Mercedes-Benz juga telah menerapkan teknologi ini di mobil seri E-Class di Eropa, Amerika Serikat, Tiongkok.

Sendangkan Toyota sudah menerapkannya di seri Crown-nya dan sudah di pasarkan sejak tahun lalu di Jepang. Sepertinya Indonesia harus bersabar untuk meggunakan fitur seperti diatas, toh kita juga bisa menggunakan aplikasi smartphone seperti Waze dan lain-lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X