Teknologi

Desember Nanti, Google Chrome Tak Akan Konsumsi Banyak RAM Lagi

Assalamu’alaikum….

Pengalaman berselancar didunia maya menjadi salah satu hak yang harus didapatkan oleh para pengguna browser, banyak para pengguna internet lebih memilih menggunakan browser yang lebih ringan dan tak memakan RAM yang sangat banyak.

Ilustrasi Google Chrome.
Ilustrasi Google Chrome.

Di perangkat seperti PC atau Mac Chrome menjadi browser dengan penggunaan memori RAM yang banyak, bahkan jika dibandingkan dengan Firefox dan Safari di Mac. Tentu ini menjadi masalah bagi Google karena tak sesuai dengan harapan mereka.

Hal inilah yang membuat tim pengembang Chrome berusaha mengubah citra buruk yang telah melekat di browser milik Google tersebut. Mereka menjanjikan di versi update nanti, yaitu Chrome (versi 55) tidak akan rakus RAM lagi. Efek yang akan terjadi tentu smartphone akan terasa merespon lebih cepat, khususnya smartphone yang memiliki RAM tak lebih dari 1 GB.

Lalu, bagaimana cara para pengembang Chrome membuat browser tersebut menjadi lebih ringan, yaitu dengan cara menyemurnakan engine JavaScript yang dipakai. Hasilnya cukup signifikan, saat diuji membuka situs seperti The New York Times, Twitter, Imgur, atau Reddit, konsumsi RAM-nya turun hingga 50 persen jika dibandingkan dengan Chrome 53 (versi dekarang).

DIlihat dari agenda yang tertera di situs resmi Chromium versi finalnya akn tersedia di bulan desember mendatang, lebih tepatnya pada 6 Desember. Untuk menunggu versi final dari Chrome Anda bisa mencoba versi beta mulai dari sekarang, akan tetapi Anda harus bersiap-siap jika ada sejumlah bug yang masih menggangu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X