Teknologi, Tips & Trik

Begini Cara Merawat Flashdisk Anda

Assalamu’alaikum…

Tempat penyipanan data sekarang ini terus berkembang contoh saja jenis penyimpanan yang sekarang lagi berkembang adalah could, meski begitu tipe penyimpanan berbasis harddisk, dan flashdisk tetap menjadi perimadona bagi sebagian orang.

Ilustrasi. Foto via Google image
Ilustrasi. Foto via Google image

Bahkan perkembangan flashdisk sekarang ini terus berkembang dari segi kapasitas penyimpananya sampai-sampai ada flashdisk yang menembus 1 Terabyte. Membuat flashdisk menjadi penyimpanan yang sangat favorit karena bisa dibawah kemana-mana tanpa tergantung dengan jaringan internet.

Tetapi media penyimpanan flashdisk berpotensi mengalami kerusakan ketimbang harddisk atau media penyimpanan sejenis lainnya. Lalu, bagaimana cara agar flashdisk kita bisa berumur panjang? berikut ini tips-tips yng bisa admin bagikan:

Tips Pertama. Mencabut Flashdisk dari Port USB harus dengan benar. Usahakan menggunakan fitur pencopotan aman yang disediakan oleh komputer yang berbasis OS Windows yaitu “Safely Remove Hardware” 

Tips Kedua. Usahakan menghindari mengedit file langsung didalam flashdisk, karena flashdisk sendiri bisa bertahan dengan umur panjang, antara 10.000 hingga 100.000 proses membaca dan menulis. Jika Anda ingin memperpanjang umur ini, hindari mengedit file langsung dari flashdisk. Sebaiknya, salin file ke komputer untuk di edit, dan jika sudah selesai, kamu boleh menyalinnya kembali ke flasdisk.

Memang sih ini agak ribet, tetapi cara ini sangat disarankan agar flasdisk Anda awet dan data Anda tersimpan dengan aman.

Tips Ketiga. Hindari menyimpan file yang beresiko besar, seperti sofware yang sudah terjangkit virus, malware, atau torjan. Sehingga flasdisk Anda bisa awet dan juga data Anda terlindungi.

Semoga informasi ini bisa membantu melindungi dan memperpanjang umur flashdisk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X