Teknologi

4 Strategi XL Goyang Dominasi Telkomsel Di Luar Jawa

Assalamu’alaikum….

Kita tau bahwa Telkomsel menjadi operator dengan jaringan terkuat di luar pulau Jawa, membuat operator seperti Indosat mengangap Telkomsel memonopoli pasar di luar jawa. Padahal dalam menguasai pasar di pulau jawa Telkomsel telah membangun lebih dari seratus ribu BTS.

Jaringan Baru XL Axiata. Foto via website XL Axiata
Jaringan Baru XL Axiata. Foto via website XL Axiata

Dalam merebut pasa di luar pulau jawa beberapa operator seperti Indosat mengeluarkan tarif nelpon Rp1/dtk, dimana sempat menghebohkan dunia maya beberapa waktu lalu.

Nah, kali ini operator XL Axiata ingin menggoyang dominasi Telkomsel dengan melakukan beberapa strategi, salah satu strategi dalam merebut pasar adalah dengan melakukan pembaruan jaringan.

XL belum lama ini memperkenalkan Jaringan baru mereka, dimana kini XL memperluas dan memperkuat jaringannya di seluruh daerah di Indonesia demi memanjakan para pelanggan dalam berkomunikasi dan mendukung percepatan pembangunan nasional.

Dimana XL dalam hal ini memperkuat dan perluasan jaringan dengan sinyal 2x lebih kuat dalam ruangan, dan jangkauan 6x lebih luas. Dimana ada 31 Kota yang tersebar di pulau Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi. Dalam mendukung pengutan jaringan XL dengan menggunaan teknologi 3G di frekuensi 900 MHz bagi pelanggan di Luar Pulau Jawa.

Kemudian, strategi lain yang digunakan oleh XL Axiata adalah dengan mengeluarkan tiga produk dimana produk tersebut adalah paket “Hotrod Xtra, Kartu Perdana, Xtra Bicara”. Produk pertama, paket “Hotrod Xtra” sendiri yaitu paket internet spesial dengan manfaat akses Data di jaringan 2g/3G/4G dan XTRA benefit telepon ke semua operator yang berlaku secara nasional

Produk kedua, “Kartu Perdana” pada produk ini XL menawarkan secara khusus bagi pelanggan di pulau Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi dengan spesial benefit berupa tarif menelpon kesemua operator dengan biaya hanya Rp 59/menit. Pada paket ini pelanggan juga mendapatkan bonus berupa 15 menit menelpon dan 150MB untuk akses Data. Bonus ini diberikan setiap bulan selama 3 bulan. Bonus akan dilipatgandakan pada bulan ke-4 hingga 12 menjadi 30 menit dan 300MB.

Produk ketiga, yaitu paket “Xtra Bicara” yaitu paket menelpon hanya untuk pelanggan di pulau Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi. Pada paket ini pelanggan akan dimanjakan dengan menelpon ke sesama XL sepuasnya, menelpon ke operator lain dan akses Data di jajaringan 2G/3G/4G.

Untuk mendapatkan paket ini Anda bisa memperolehnya melalui *123#, atau MyXL dan bisa juga ke toko-toko pulsa XL terdekat. Nantinya, pada akhir bulan ini layanan tersebut bisa digunakan di 352 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.

Saat ini penguasaan pasar secara nasional masih dipengang oleh Telkomsel (45%), setelah itu disusul Indosat (21,6%), Tri Indonesia (14,4%) dan XL Axiata (14%). Menariknya apakah strategi yang dilakukan oleh XL akan menggoyang dominasi Telkomsel diluar jawa? Patut untuk ditunggu informasi selanjutnya dari perang tarif operator seluler ini. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X