Inspirasi, Teknologi

Mobil Kemudi Otomatis Sudah Biasa, Bagaimana Dengan Truk Tambang Kemudi Otomatis?

Assalamu’alaikum….

Melihat perkembangan mobil kemudi otomatis sudah biasa kita dengar karena dengan banyaknya perusahaan baik itu Perusahaan sektor Teknologi (seperti Google) atau perusahaan Otomotif, tengah berusaha mengembangkan mobil berteknologi kemudi otomatis.

Foto via constructionequipmentguide.com
Foto via constructionequipmentguide.com

Bahkan perusahaan sekelas UBER dan GRAB tengah mengembangkan mobil dengan kemudi otomatis, agar mereka dimasa yang akan datang tak menggunakan sopir lagi dalam menawarkan layanan mereka.

Lalu, bagaimana kesan Anda jika Truk tambang kemudi otomatis? Nah, salah satu pabrikan truk tambang Komatsu belum lama ini secara resmi memperkenalkan truk tambang pintar mereka.

Truk tambang tersebut hadir dengan mengusung teknologi Autonomous Haulage Systems (AHS) yang telah dikembangkan bersama Rio Tinto sejak tahun 2008. Dalam melakukan pengujiannya dilakukan di berbagai negara, seperti di Chile hingga Australia.

Truk tambang yang dimiliki Komatsu yang sudah menggunakan teknologi AHS adala model 930E, dimana telah digunakan oleh perusahaan tambang Rio Tinto. Truk ini bisa dikendalikan tanpa perlu adanya sopir didalamnya. Sebagai gantinya, truk ini dikendalikan dari jarak jauh melalui jaringan wireless serta punya kemampuan mendeteksi halangan dijalan.

Berikut ini spesifikasi truk tambang milik komatsu tersebut, mempunyai tenaga 2700 hp, panjang mencapai 15 meter, menggunakan penggerak roda 4WD. Daya angkut truk tersebut mencapai 230 ton dengan kecepatan rata-rata 64 kilometer per jam.

Dengan menggunakan teknologi tanpa sopir, truk tambang ini diklaim dapat meningkatkan produktivits di lingkungan tambang. Karena dipermudah dengan jalan maju dan mundur dengan mudah, bedah dengan truk tambang pada umunya.

Kemudian, mobil tipe ini tak memiliki kabin pemgemudi sama sekali. Komatsu sendiri telah memperkenalkan produk terbarunya ini diajang Mineexpo International di Las Vegas. Menurut rencana, mereka akan memasarkan truk tambang tanpa sopir tersebut dalam waktu dekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X