Teknologi, Tips & Trik

Fitur Airplane Mode Mempunyai Fungsi Lebih Bagi Smartphone

Assalamu’alaikum….

Fitur Airplane Mode pada umumnya kita fungsikan di saat melakukan perjalanan menggunakan pesawat, agar tidak menggangu sistem komunikasi pesawat di saat melakukan penerbangan.

Fitur Airplane Mode. Foto via Dreamstime.com
Fitur Airplane Mode. Foto via Dreamstime.com

Tetapi fitur Airplane Mode pada smartphone ini mempunyai fungsi lebih, dimana kita bisa menggunakannya meski tak melakukan perjalanan penerbangan. Nah, kira-kira apa saja fungsi lebih dari fitur airplane mode yang bisa kita gunakan saat tak melakukan penerbangan? Berikut ini ulasanya

Menghemat Baterai

Ternyata Fitur Airplane Mode bisa digunakan untuk menghemat baterai, disaat sisa baterai smartphone kita mulai sedikit kemudian diwaktu tertentu kita akan menghubungi seseorang. Maka salah satu fungsi lebih dari Airplane Mode adalah menghemat baterai, dengan mengaktifkan fitur tersebut, maka aplikasi dan proses background di sistem smartphone atau tablet akan berhenti.

Isi Daya Baterai Menjadi Lebih Cepat

Dengan mengaktifkan fitur Airplane Mode ternyata bisa membantu proses pengisian ulang daya baterai (charging). Jika kita dalam keadaan terburu-buru kemudian daya baterai mulai habis, dengan mengaktifkan Airplane Mode bisa mempercepat pengisian daya lebih cepat ke smartphone.

Karena pada keadaan seperti ini, fitur lain yang aktif seperti Seluler, Wi-Fi, Bluetooth, GPS, dan lokasi akan mati. Sehingga smartphone lebih maksimal melakukan penambahan daya, dan pengisisan baterai menjadi lebih cepat.

Meminimalisir Ganguan

Saat berada di mesjid ingin shalat atau lagi belajar dikampus/disekolah, smartphone bisa menjadi salah satu penggangu konsentrasi. Hal ini diakibatkan oleh bunyi atau getaran pemberitahuan, baik itu dari panggilan telepon, SMS masuk, atau pemberitahuan dari aplikasi sosial media lainnya.

Salah satu cara untuk meminimalisir gangguan tersebut, yaitu dengan mengaktifkan fitur Airplane Mode. Mengaktifkan Airplane Mode akan menonaktifkan sementara fungsi beberapa aplikasi dan jaringan seluler.

Memperkuat Sinyal

Jaringan seluler kurang bagus, membuat nelpon, sms, dan internetan menjadi tergangu atau lelet. Salah satu cara untuk memperbaiki jaringan seluler ialah mengaktifkan fitur Airplane Mode beberapa saat, lalu menonaktifkan Airplane Mode kembali. Cara ini akan membuat smartphone secara otomatis akan mencari jaringan kembali, dengan begitu smartphone bisa mendapatkan kualitas jaringan seluler yang lebih baik.

 Memepercepat Kinerja Smartphone

Ketika Smartphone kesayangan lagi ngadad, maka dengan menggunakan fitur airplane mode akan mempercepat kinerja smarphone. Seperti yang telah Rizensia jelaskan sebelumnya. Fitur Airplane Mode akan menonaktifkan Aplikasi dan Background smartphone. Dengan begitu kinerja smartphone akan lebih cepat, karena pesan yang keluar masuk ke smartphone akan terhenti sejenak dengan diaktifkannya Airplane Mode.

Itulah beberapa fungsi lebih dari fitur airplane mode. Semoga bisa membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X