Teknologi, Tips & Trik

Cara Melindungi Smartphone Agar Tidak Dibobol

Assalamu’alaikum….

Dalam sehari Anda menghabiskan waktu bersama smartphone berapa jam? Jawabanya mungkin hampir setiap saat kita berinteraksi dengan smartphone. Kemudian di smartphone, kita juga telah menyimpan berbagai macam data penting didalamnya seperti pin ATM Bank, dan data penting lainnya. Jadi berbagai cara pun kita lakukan untuk mengamankan smartphone dari tangan-tangan jail bahkan para hacker sekali pun.

Amankan Data Anda. Foto via Liputan6
Amankan Data Anda. Foto via Liputan6

Nah berikut ini 6 tips meminimalisir smartphone supaya aman dari para pembobol data atau hacker :

Enskripsi

Di sistem OS Android memungkinkan kamu mengenkripsi semua data peragkat. Kamu sebaiknya memasang setelah memasukkan kata sandi atau PIN setiap kali perangkat diaktifkan. Mungkin ini keliatanya agak sedikit ribet, tetapi cara ini meminimalisir agar tangan jail yang ingin membobol smartphone tidak bisa mengakses karena adanya kata sandi atau PIN tersebut.

Mungunci Layar Otomotif

Mengaktifkan kunci layar otomatis untuk memungkinkan kamu menjaga perangkat dengan menggunakan pola, PIN atau kata sandi. Di fitur pengunci otomatis kamu bisa mengatur lama waktu terkunci otomatis.

Gunakan Wi-Fi yang dikenal

Menggunakan Wi-Fi yang dikenal adalah salah satu cara untuk meminimalisir pebobolan data Anda. Karena kita tidak tahu dijaringan Wi-Fi yang kita gunakan tersebut terdapat akses bagi pembobol data atau tidak.

Perhatikan Sumber Aplikasi

Dalam menginstal aplikasi jangan mengambil sumber yang tidak jelas asalnya. Lebih baik mengambil aplikasi dari sumber resmi seperti Google Play Store dan App Store, karena di toko aplikasi resmi melakukan verifikasi dan pemindaian terhadap setiap aplikasinya.

Mengaktifkan Antivirus

Kalau Anda sering menulusuri situs web dan mengunduh kontent dari Internet di smarphone, maka kamu perlu berhati-hati dan sebaiknya kamu menginstal aplikasi antivirus. Karena dengan cara seperti itu Anda bisa meminimalisir terjadinya pembobolan data dari hasil penguduhan yang kita lakukan di Internet.

Pembaruan Software

Usahakan smartphone Anda selalu diperbarui softwarenya. Biasanya dari pihak pembuat aplikasi menemukan cela keamanan, maka dari itu mereka melakukan pembaruan software. Jadi, jika terdapat pembaruan software Anda harus melakukan pembaruan.

Itulah beberapa tips yang bisa Rizensia tekno bagikan pada Anda, semoga smartphone Anda bisa aman dan terhindar dari para pembobol data yang tidak bertanggung jawab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X