Teknologi, Unik

Siaran 360 Di HUT RI: Titik Awal Tren Merekam Video Berformat 360 Derajat

Assalamu’alaikum….

Upacara Bendera memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 71 kemarin, agak sedikit berbeda dari upacara bendera sebelumnya. Selain adanya seremonial dan disertai tarian daerah, yang menjadi perhatian lainnya adalah disiarkannya Upacara Bendera lewat Live Streaming berteknologi 360 derajat di kanal YouTube.

Dimana teknologi berformat 360 derajat ini mendapat perhatian dari netizen. Saat artikel ini dibuat, sudah puluhan ribu kali video Upacara Bendera ditonton melalui akun YouTube milik Presiden Joko Widodo.

Screenshot daftar video #Upacara360

Dalam menyukseskan penayangan Upacara Bendera berformat 360 derajat, Google bekerjasama dengan komunitas video Layaria untuk memuluskan tayangan live di dua lokasi yaitu di Monas dan Istana Merdeka.

Dalam mengabadikan jalannya Upacara Bendera video berteknologi 360 derajat ini menggunakan kamera Theta dari Richo, seperti yang dijelaskan oleh Yudhie dari pihak Layaria yang mengerjakan video streaming Youtube di Istana Merdeka.

Kepada KompasTekno, Yudhie menerangkan pihaknya memakai alat yang relatif sederhana, yakni kamera Theta dari Ricoh, dalam mengerjakan live streaming video 360 derajat untuk rangkaian upacara HUT RI ke-71 di Monas dan Istana Negara.

Teknologi 360 derajat memungkinkan kita melihat pandangan kesegala arah, sehingga kita serasa berada di tempat berlangsungnya acara.

1241500ricoh780x390
Kamera 360 Theta, Ricoh. Foto via Kompastekno

Hadirnya Live Streaming berformat 360 derajat pada Upacara Bendera memperingati HUT Republik Indonesia ke 71, menjadi yang pertama di Indonesia menggunakan teknologi tersebut.

Siaran 360 pada HUT RI ke 71, sepertinya menjadi titik awal tren merekam video menggunakan kamera berformat 360 derajat di Indonesia. Para Vloger sepertinya mulai melirik nih!! 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X