Otomotif, Teknologi

Kini Urin pun Bisa Jadi Listrik

Assalamu’alaikum….Apa jadinya jika air kencing dimasa yang akan datang menjadi limbah berharga dari manusia? Disetiap kita kencing kemungkin kita akan dibayar, selajutnya urin diolah menjadi bahan bakar untuk dipakai pada alat elektronik, bahkan kendaraan bermotor.

150244_air-seni-dalam-tabung_663_382
Ilustrasi via viva.co.id

Diolah dari BBC Indonesia, informasi ini datang dari penelitian yang dilakukan oleh University of the West of England di Bristol. Dimana mereka sedang mengembang metode untuk mengubah kencing manusia menjadi listrik. Pada dasarnya urin adalah bahan kimia dalam larutan, jika bahan kimia ini diolah dengan tepat, maka urin bisa menjadi bahan bakar.

Tim dari Bristol ini, menggunakan sistem sel bahan bakar mikroba (Microbial Fuel Cell/MFC), dimana sistem ini memanfaatkan mikroarganisme untuk menciptakan energi sebagai bagian dari proses metabolisme.

“Mikroorganisme sangat efisien – lebih dari 96% – dalam mengubah bahan organik menjadi energi, tetapi MFC yang punya kinerja paling baik hanya mampu mengubah 60% saja,” kata Profesor Ioannis Ieropoulos, kepala peneliti dan direktur Pusat BioEnergi Bristol. Dikutip dari BBC Indonesia.

“Jelas ada banyak ruang untuk meningkatkannya.”

Untuk melakukan tes lapangan, tim ini harus membangun toilet khusus di kampus mereka dan membuatnya juga di Festival Musik Glastonbury. (Di Glastonbury urin dikumpulkan dari 1.000 donor per hari di toilet pria, kemudian ditampung dalam satu bak). Pada dua tes itu, sistem MFC menghasilkan tenaga yang cukup untuk menghidupkan lampu-lampu LED di toilet percobaan tersebut.

Hingga kini, proses tersebut hanya mampu menghasilkan daya listrik untuk mengisi baterai ponsel atau baterai lithium ion phosphate yang memungkinkan pencahayaan terus menerus.

Penemuan ini sangat cocok untuk di daerah sulit dalam menemukan sumber pembangkit listrik, ketika langit mendung membuat matahari tidak bersinar, dan angin yang tidak berhembus, tetapi air seni akan tetap tersedia.

Ini yang membuat Bill dan Melinda Gates Foundation meliriknya, karena teknologi ini menjajikan. Saat ini teknologi ini sedang dikirim melalui Oxfm untuk membawa energi tenaga air seni kepda para pengungsi di negara-negara berkembang.

Mantap nih teknologi, bahkan dalam soal limbahnya rama lingkungan. “Efluen (air buangan) yang keluar dari MFC lebih bersih dari urin yang masuk, dan kandungannya lebih seimbang, sehingga bisa digunakan misalnya sebagai pupuk.” Semoga kedepannya bisa teknologi ini bisa berkembang. (bbcindo).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X