Otomotif, Teknologi

Seperti Inilah Cara Kerja Mobil Hidrogen

Assalamu’alaikum…

Foto via bandungtoyota

Pengembangan mobil berenergi hidrogen kian tahun semakin meningkat, mobil berteknologi ramah lingkungan ini menjadi salah satu alternetif pengganti mobil berbahan bakar minyak. Mobil hidrogen memiliki beberapa keuntungan jika dibandingkan dengan mobil listrik dan mobil bermesin BBM.

Selain ramah lingkungan, jarak jelajahnya pun jauh dan waktu pengisian hidrogen pun super cepat, kemudian tidak mengeluarkan suara bising, dan jika diajak berakselerasi pun tak kalah tangguh.

Salah satu pabrikan yang telah meluncurkan mobil dengan bahan bakar hidrogen adalah Toyota pada 21 Oktober 2015. Toyota Mirai adalah mobil pertama menggunakaan fuel cell yang diproduksi Toyota.

Apa itu Fuel Cell ?

Fuel cell sendiri adalah terdiri dari sel-sel dalam rangkaian membran elektroda (MEA). MEA terdiri dari membran elektrolit polimer dengan lapisan katalisator positif dan negatif pada kedua sisi. Setiap sel menghasilkan kurang dari 1 volt listrik, sehingga ratusan sel dihubungkan secara seri untuk menghasilkan tegangan keluaran yang diperlukan.

Keunggulan Fuel Cell

Keunggulan fuel cell dapat menghasilkan reaksi yang hampir sempurna dari rekasi hidrokarbon untuk menghasilkan energi listrik tanpa membuang energi pembakaran. Sekitar 83 persen dari molekul hidrogen menjadi tenaga listrik. Hal ini dua kali lebih efisien dari mesin bensin. Kalau pada mesin bensin bahan bakar yang dikonversi menjadi energi sekitar 30% saja.

Cara Kerja Mobil Hidrogen

Berikut ini Rizensia bagikan proses kerja dari fuel cell dalam menghasilkan listrik:

  • Pertama, hidrogen masuk ke anoda (kutub negatif) pada fuel cell.
  • Kemudian, molekul hidrogen bereaksi untuk melepas elektron.
  • Molekul hidrogen akan melepaskan elektron dan menjadi ion hidrogen dan bergerak melalui membran polimer elektrolit ke sisi katoda.
  • Elektron bergerak dari anoda menuju katoda (kutub positif) sampai menghasilkan arus listrik.
  • Ion hidrogen bereaksi dengan oksigen dan elektron di katoda menghasilkan arus listrik dan sisa hasil reaksinya berupa air.
  • Selanjutnya, listrik yang dihasilkan oleh fuel cell diarahkan ke motor listrik untuk menggerakan ban mobil dan disimpan dalam baterai sekunder.
Rizensia juga membagikan proses kerja mobil hidrogen versi video, silahkan Anda bisa menggunjungi Link berikut Cara Kerja Mobil Hidrogen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X