MotoGP

Peraturan Baru MotoGP 2017 : Tim Tidak Ada Lagi Saling Menutupi Penggunaan Kompon Ban

Assalamu’allaikum….

Memasuki musim MotoGP 2017 ternyata dorna sebagai penyelenggara ajang balapan kuda besi, melakukan beberapa perubahan peraturan didalam penyelenggaraan MotoGP. Sehingga di musim MotoGP 2017 membuat persaingan semakin sengit dan terbuka.

Salah satu yang menjadi perhatian pihak dorna ialah keterbukaan didalam penggunaan kompon ban, jika di tahun kemarin ada tim atau rider yang menutup-nutupi penggunaan kompon ban, maka di tahun ini akan berbeda dengan di berlakukannya peraturan baru ini.

Michelin. Foto via LAzone.id

Setidaknya ada tiga aturan baru yang telah dibuat oleh Dorna sebagai penyelenggara. Dan secara langsung akan mulai digunakan di Musim MotoGP 2017 nanti, aturan ini sendiri diumumkan pada Rabu (21/12/2016) dalam rapat internal Komisi Grand Prix di Madrid, Spanyol. Seperti dilaporkan oleh situs resmi MotoGP, rapat ini dihadiri oleh Carmelo Ezpeleta (CEO Dorna), Ignacio Verneda (FIM), Herve Poncharal (IRTA), dan Takanao Tsubouchi (MSMA), dengan sekretaris Mike Trimby.

Peraturan yang berlaku di Musim MotoGP 2016, dikutip Rizensia dari Sindonews:

1.Deteksi otomatis jenis ban
Bekerjasama dengan Michelin dan bersama dengan seluruh tim pabrikan di kategori kelas bergengsi (MotoGP). Nantinya sistem baru akan diimplementasikan untuk memungkinkan deteksi otomatis dari jenis kompon ban yang digunakan oleh pembalap. Informasi ini akan tersedia untuk seluruh pembalap dan tim, serta untuk siaran televisi.

Untuk melakukan deteksi penggunaan kompon ban yang digunakan oleh setiap pembalap di lintasan, akan dilakukan oleh sebuah teknologi nirkabel. Informasi ini akan disalurkan ke ECU terpadu, kemudian diteruskan ke pelaporan sistem waktu di lintasan melalui versi terbaru dari perangkat lunak terpadu.

2.Penambahkan jumlah ban
Untuk mengatasi masalah handicap yang dirasakan oleh dua pembalap yang lolos dari sesi kualifikasi I. Mereka akan mendapat tambahan ban belakang slick berkompon soft pada sesi kualifikasi II. Sedang untuk jumlah total ban yang tersedia untuk setiap pembalap tetap tidak berubah.

3.Lampiran
Dalam informasi yang diungkapkan pada keputusan dari Madrid Grants Commission pada 2 Desember 2016. Dinyatakan bahwa jumlah maksimum ban basah dan kering tetap tidak berubah, itu tidak benar. Mulai 2017, jumlah maksimum ban basah yang tersedia untuk setiap pembalap adalah 5 untuk ban depan dan 6 untuk ban belakang. (Direktur lomba masih dapat menyetujui penambahan untuk ban depan dan belakang ketika semua sesi latihan bebas dan kualifikasi dilakukan dalam kondisi basah).

Peraturan yang paling menarik dari ketiga peraturan baru diatas, ialah tentang “Deteksi Otomatis Jenis Ban” tentu dengan adanya peraturan ini semua tim nantinya tidak bisa lagi menutupi ban jenis apa yang mereka gunakan di race nantinya. Dan membuat persaingan antar pembalap dan tim pun akan semakin sengit dan terbuka.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X