MotoGP, Sport

Optimis: Indonesia Gelar MotoGP 2018, Pembangunan Sirkuit Dipersiapkan!

Assalamu’allaikum…

Sepertinya keinginan para pencinta MotoGP tanah air yang ingin Indonesia menyelenggarakan satu seri di Indonesia akan segera terealisasi, karena berita terbaru Jakabaring akan segera dipersiapkan untuk menggelar MotoGP 2018.

Saat Alex Noerdin berkunjung ke Sepang, Malaysia. Untuk membicarakan pembangunan sirkuit Jakabaring. Foto via detiksport
Saat Alex Noerdin berkunjung ke Sepang, Malaysia, untuk membicarakan pembangunan sirkuit Jakabaring. Foto via detiksport

Sirkuitnya masih dalam pengembangan dan pembangunannya membutuhkan dana yang tak sedikit. Akan tetapi didalam proses pembangunan sirkuit Jakabaring untuk MotoGP akan melibatkan investor swasta. Seperti diungkapkan oleh Gubernur Sumsel, Alex Noerdin pada Detiksport.

“Murni swasta, karena APBN situasi sedang sulit, tidak bisa bangun untuk itu, apalagi APBD. Kami ini di Palembang ini nafsu besar, tenaga (dana) kurang. Jadi ya pakai akal. Jadi penginnya itu banyak, duit enggak ada. (Untuk menanggulanginya) ya pakai akal itu tadi,” kata Alex di Sepang, Malaysia, akhir pekan kemarin.

Lanjutnya, didalam pembangunan arena Jakabaring Sport City tidak sepenuhnya menggunakan uang rakyat. Salah satu contohnya adalah stadion Jakabaring pada 2014 dibangun lebih banyak menggunakan dana dari pihak swasta.

“Kita bangun Jakabaring di 2014 tempo hari itu Rp 2,1 triliun. Rp 200 miliar dari APBD, Rp 300 miliar dari APBN, Rp 1,6 triliun pihak ketiga. Hebatnya Jakabaring itu tidak sepenuhnya menggunakan dana rakyat,” ujarnya.

Kemudian, pihaknya juga telah menggandeng dasainer sirkuit kondang yang karyanya sudah digunakan dan sukses menjadi tuan rumah di ajang F1 dan MotoGP. Konsultan yang dimaksud adalah Hermann Tilke.

“Kita gunakan konsultan Tilke. Dia sudah membikin 18 dari 21 sirkuit F1, 16 sirkuit MotoGP. Kalau dia bikin, Dorna pasti setuju,” yakin Alex.

Dalam kunjungan bersama timnya di sirkuit Sepang, Malaysia. Alex juga mengungkapkan bahwa

“Sirkuit secara teknis dibicarakan kemarin (di Sepang, Malaysia dengan tim Dorna) lengkap tidak perlu tim kami ke Jerman, jadi ketemu di sini (Sepang), selesai kira-kira satu bulan lagi.

“Lalu proses penunjukan investor dan kontraktor 14 bulan. Direncanakan satu bulan setelah Asian Games sudah siap digunakan (untuk MotoGP). Asian Games itu Agustus sampai 2 September 2018. Nah, kira-kira akhir Oktober atau awal November MotoGP di Jakabaring,” kata Alex.

Lanjutnya, “Nah sekarang (di Sepang, Malaysia) lihat draft-nya. Kalau Herman Tilke yang bikin pasti Dorna ACC,” ungkap Alex.

Jika semuanya lancar, maka secara tidak langsung Indonesia akan menjadi tuan rumah di ajang balapan kuda besi paling bergengsi di Dunia pada tahun 2018 nanti. Kita doakan saja ya…. 🙂

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X