MotoGP

YZR M1 Dikenal Motor Lincah Tetapi Kurang Bertenaga, Yamaha Janjikan Perubahan Besar!

Assalamu’alaikum…

Dalam menghadapi musim 2017 nanti, Yamaha menjanjikan perubahan besar untuk YZR-M1. Salah satu yang menjadi perhatian pihak Yamaha adalah meningkatkan performa motor tersebut.

Yamaha YZR-M1. Foto via Detiksport
Yamaha YZR-M1. Foto via Detiksport

Direktur Tim Yamaha Masssimo Meregali mnyebutkan masih ada sejumlah hal yang dikerjakan tim pengembangan di Jepang. Dia pun menjanjika akan ada perubahan besar di motor baru nanti. Salah satu aspek yang jadi perhatian adalah meningkatkan tenaga moor, sebagaimana di ungkapkan oleh Meregalli. Yamaha selalu dikenal punya motor yang lincah, namun sedikit kurang bertenaga.

Inilah penyebabnya motor milik Rossi dan Lorenzo selalu kesulitan disaat beradu kecepatan dengan motor-motor Honda dan Ducati dalam aspek kecepatan puncak.

Salah satu contohnya adalah saat balapan diseri Aragon akhir pekan lalu. Dari semua sesi sepanjang akhir pekan, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo cuma menempati peringkat 0 dan 13 dalam hal top speed.

Catatan kecepatan puncak Rossi ada diangka 336,9 km/jam, tertinggal jauh dari rider Ducati Andrea Dovizioso dengan 343,6 km/jam di posisi pertama. Sendangkan Honda diwakili Dani Pedrosa pada posisi dua dengan 342,3 km/jam.

Terlepas dari situasi Yamaha yang kurang diuntungkan dengan ban pada seri tersebut, namun angka-angka itu setidaknya menjadi petunjuk nyata ada gap besar dalam hal tenaga. Aspek inilah yang sedang coba ditingkatkan.

“Kita mengatakan bahwa kami kekurangan sedikit tenaga puncak. Tapi ketika bicara soal traksi dan pengendalian, M1 tetaplah referensi,” sambung Meregalli.

“Kami ingin menemukan sejumlah tenaga yang lebih besar, tapi tanpa kehilangan performa di aspek bawah (traksi, akselerasi, dll),” imbuhnya. Dikutip dari Detiksport

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X