Sport

Setelah Renovasi : Begini Tampilan dan Fasilitas Baru Stadion Gelora Bung Karno (GBK) 

Stadion GUBK
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Assalamu’allaikum….

Rizensia.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada Minggu 14/1/2018 akan meresmikan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang telah direnovasi, sekaligus menyaksikan pertandingan persahabatan antara Timnas Indonesia melawan Tim Nasional Islandia

Direnovasinya Stadion Utama Gelora Bung Karno adalah untuk menyambut pesta olahraga terbesar di Benua Asia yaitu Asian Games 2018 di Jakarta, pada Agustus mendatang.

Mengutip info dari akun Facebook Presiden Joko Widodo dimana ia mengungkapkan kebanggaan atas rampungnya proses renovasi besar-besaran Stadion Utama GBK. Bangunan yang telah berumur setangah abad ini telah memiliki tampilan yang moderen dengan adanya penambahan fasilitas terbaru didalamnya. 

Stadion Utama GBK sendiri dibangun oleh Presiden RI pertama yaitu Soekarno, pada tahun 1962 untuk kegiatan yang sama. Pada 1962, Indonesia juga menjadi tuan rumah Asian Games.

Dalam status pak Jokowi menjelaskan, “Tujuh bulan sebelum penyelenggaraan Asian Games 2018, renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno akhirnya selesai dan siap digunakan,” tulisnya pada status fb.

“Dan inilah wajah Stadion Utama GBK yang baru: kapasitas 80.000 penonton dengan kualitas kursi lebih bagus dengan jenis satu kursi (single seat) dan lipat (flip up) yang telah memenuhi standar aksesibilitas evakuasi.” tambahnya.

Menurut Presiden Jokowi, masyarakat Indonesia pagut berbangga dengan tampilan GUBK saat ini, karena telah mengikuti standar FIFA dalam aspek keamanan dimana pada saat kondisi darurat dalam wakgu 15 menit, stadion sudah harus kosong.

Dalam pencahayaan Presiden Joko Widodo menjelaskan, bahwa stadion telah diterangi lampu berkekuatan 3.500 lux. Dengan kualitas 3 kali lipat lebih terang dan hemat energi.

“Ini tiga kali lebih terang dari sebelumnya tapi 50 persen lebih hemat karena menggunakan LED, bukan lagi lampu konvensional. Dari segi pencahayaan, ini salah satu yang terbaik di dunia saat ini. Sistem pencahayaan GBK terintegrasi dengan sistem tata suara yang berkekuatan hingga 80 ribu watt PMPO.” tulisnya

Stadion Utama GBK juga mempunyai sistem tata suara yang berkekuatan hingga 80 ribu watt PMPO. “Dengan tata suara seperti itu, lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dinyanyikan pada upacara pembukaan nanti akan terdengar lebih dramatis,” kata Presiden Jokowi.

Adapun kualitas lapangan Stadion Utama GBK sendiri, jika duluhnya saat pertandingan terdapat banjir disisi lapangan. Maka lapangan GBK sekarang anti terhadap banjir. Seperti yang dituliskan oleh Presiden Joko Widodo “Permukaan lapangan akan berlapiskan rumput dari jenis terbaik, zoysia matrella, yang dilengkapi alat penyiram otomatis hingga sistem drainase anti banjir.”

Tentunya Stadion Utama GBK sangat siap untuk menyambut pagelaran Asian Games 2018, semoga dengan peremajaan ini membuat Timnas kita termotivasi untuk mencetak gelar juara. Aamiin….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X