Sport

Bobotoh Buat Aksi Solidaritas #SaveRohingya, Persib Kena Denda 50 Juta

Foto Kreografi SaveRohingya. Foto via Tempo.co

Assalamu’allaikum….

Rizensia.com – Akibat keperihatinan atas terjadinya pembantaian yang terjadi pada etnis Rohingya di Myanmar, membuat suporter Persib Bandung berinisiatif melakukan Koreografi “Save Rohongya”. Tapi aksi itu berujung sanksi dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI.

Dimana Komisi Disiplin (Komdis) PSSI akhirnya memberikan sanksi kepada Persib imbas dari choreography display yang ditunjukan oleh Bobotoh di laga Go-Jek Liga 1, pada Sabtu (9/9/17), ketika Persib ditahan imbang Semen Padang 2-2, di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kab. Bandung.

Melalui surat bernomor 92/L1/SK/KD-PSSI/IX/2017, menurut Komdis PSSI, aksi yang dilakukan Bobotoh adalah suatu pelanggaran etika. 

Dikutip dari laman resmi Persib, “Suporter Persib Bandung terbukti dengan sengaja merencanakan untuk melakukan konfigurasi dengan tulisan ‘Save Rohingya’ dan diperkuat dengan bukti-bukti yang cukup untuk menegaskan terjadinya pelanggaran disiplin,” isi dari surat cinta Komdis untuk Bobotoh.

Akibatnya Persib dikenakan denda sebesar Rp 50 Juta karena melanggar pasal 67 ayat (3) Kode Disiplin PSSI. Persib tidak dapat melakukan banding atas keputusan tersebut. Sementara, denda wajib dibayar selambat-lambatnya 14 hari setelah diterimanya keputusan itu

Kemudian dalam surat itu, disebutkan bahwa Persib tidak dapat melakukan banding atas keputusan tersebut.

Sendangkan untuk denda wajib dibayar selambat-lambatnya 14 hari setelah surat keputusan diterima pihak klub.

Sendangkan pihak Persib dan Bobotoh sangat kecewa dengan penjatuhan sanksi tersebut, bahkan mereka menggaungkan #KoinUntukPSSI dengan cara penggalangan dana.

Salah satu organisasi Bobotoh, Viking Persib Club, Yana Umar, mengatakan Bobotoh akan melakukan penggalangan dana berupa pengumpulan koin untuk PSSI (koin untuk PSSI).

“Kita kumpulkan dana untuk denda yang dikeluarkan PSSI. Selain kita buka posko di sini, dana pun bisa disalurkan melalui rumah zakat ataupun website sharehappiness.org ,” ucapnya.

Galangan dana itu, kata dia, tidak hanya dimaksudkan untuk membayar sanksi yang diterima Persib, tapi juga akan disumbangkan langsung untuk korban kemanusiaan etnis Rohingya. “Kalau nanti ada sisa lebih, kita langsung sumbangkan untuk Rohingya,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X