Sport

Sulteng Gelar Event Balapan Sepeda Tour de Central Celebes (TdCC)

TdCC Tour de Central Celebes
TdCC Tour de Central Celebes

Assalamu’allaikum….

Rizensia.com – Event Internasional bertema Balapan sepeda akan digelar pada bulan November mendatang, dimana Provinsi Sulawesi Tengah (sulteng) sebagai daerah yang menggelar lomba sepeda bersekala Internasional ini. Mengusung nama “Tour de Central Celebes (TdCC) 2017”, akan diikuti oleh 500 peserta, dimana pesertanya terdiri dari peserta luar negeri sebanyak 117 orang, peserta nasional sebanyak 125 peserta dan lokal 258 orang.

Event sport tourism ini nantinya dibawah pengawasan United Cycling Internationale (UCI) diikuti oleh 10 tim pembalap sepeda internasional dari 12 negara yang berasal dari Kanada, Singapura, Malaysia, Korea, Belanda, Kuwait, Sri Lanka, Vietnam, Filipina, Thailand, Brunei, Perancis serta lima tim pembalap sepeda nasional.

TdCC sendiri adalah kegiatan pertama kali yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, bekerjasama dengan kabupaten/kota yang ada di daerah ini. Untuk panjang rute dari kegiatan ini akan menempuh jarak 471,48 km yang mana terbagi menjadi 3 etape.

Pada etape pertama, para peserta akan memulai balapan dari Kabupaten Tojo Una Una sampai di Kabupaten Poso dengan jarak 192 km. Untuk etape ke dua, peserta akan menempuh jarak 143.6 km melewati Kabupaten Poso dan Kabupaten Parigi Moutong. Pada etape terakhir, peserta akan menempuh jarak 143.3 yang melintasi Kabupaten Parigi Mouting, Kabupaten Sigi dan finis di Kota Palu.

Total hadiah yang ditawarkan dalam lombah TdCC 2017 sebesar Rp650 juta. Lombah balap sepeda yang digelar oleh Pemprov Sulteng nantinya menawarkan keindahan alam yang terdapat di masing-masing kabupaten/kota yang dilalui. Seperti di Kabupaten Tojo Una-una terdapat kepulauan Togean yang indah dan wisata tanjung api di Kota Ampana.

Sementara di Kabupaten Poso terdapat Danau Poso, dan Taman Nasional Lore Lindu. Begitu juga di Kabupaten Parigi Mautong dengan Teluk Tomininya, Kabupaten Sigi menawarkan keindahan Mantantimali, dan beberapa obyek wisata lainnya.

Gubernur Sulawesi Tengah sangat antusias dengan gelaran acara ini, bahkan ia mengatakan akan menggelar beberapa acara penunjang lainnya. Sehingga para peserta bisa mengenal Provinsi Sulawesi Tengah.

Longki Djanggola juga memaparkan, Selain main event, terdapat pula berbagai kegiatan pendukung yang akan diselenggarakan dilokasi start maupun finish di masing-masing etape seperti Festival Seni dan Budaya serta beberapa both pameran.

“Event ini juga mendorong masyarakat lokal untuk tampil dipertunjukan aneka seni musik, tari dan budaya yang ada Sulawesi Tengah. Nantinya akan disaksikan para pebalap mancanegara,” ujarnya. Dikutip dari halallifestyle.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X