Info Palu, TV

Perkembangan Stasiun TV Lokal Kota Palu

Logo Stasiun TV Kota Palu

Assalamu’allaikum….

Rizensia.com – Perkembangan media TV di Kota Palu memang belum bisa dibilang maju seperti di daerah lain. Dimana TV lokal di daerah lain mampu memproduksi siaran secara profesional, mandiri dan beragam.

Di Kota Palu perkembangan Stasiun TV lokalnya dimulai dengan munculknya TVRI Sulawesi Tengah pada tahun 2000-an, TVRI Sulteng sampai sekarang masih menguasai dan menjadi pusat informasi masyarakat Sulteng pada umumnya dan Kota Palu khususnya.

Kemudian pada tahun 2008 muncul siaran stasiun TV lokal Kota Palu dengan nama PaluTV menggunakan Slogan “Lebih Dekat Dengan Anda” berjalan beberapa tahun akhirnya stasiun TV tersebut harus berakhir. Penyebab berhenti siaran pada saat itu tidak diketahui.

Kemudian munculnya Nuansa TV dari Nuansa Pos, program acara dari TV lokal ini pun mulai berkembang dimana mereka mampu memproduksi program berita dan beberapa program lainnya. Intinya lebih baiklah dari PaluTV pada saat itu.

Perjalanan Nuansa TV yang mulai mengudara pada tahun 2008 cukup panjang. Bahkan eksistensi dari Stasiun TV ini berjalan cukup lama sampai saat ini. Namun memasuki tahun 2017 Nuansa TV harus masuk dalam jaringan iNewsTV milik MNC Media sehingga secara tak langsung siaran mereka sekarang adalah iNewsTV.

Kehadiran RadarTV milik Radar Sulteng, yang mana afiliasi dari JawaPos Group. Dengan pendanaan yang cukup besar stasiun TV ini mempunyai performa yang cukup baik dan mampu bersaing dengan TVRI Sulawesi Tengah yang telah hadir terlebih dahulu. Rizensia tidak begitu tau persisi kapan TV ini mulai mengudara.

Kehadiran SultengTV pada awal 2017, hingga sekarang TV ini masih melakukan siaran uji coba. Tidak tau sampai kapan Stasiun TV ini akan melakukan siaran uji coba, karena masyarakat Kota Palu sangat membutuhkan stasiun TV lokal untuk lebih mengenal akan daerahnya dan perkembangan informasi yang terjadi di Kota Palu.

Kemudian, pada pertengahan tahun 2017 Kota Palu mempunyai stasiun TV lokal baru, dimana menggunakan nama PaluTV lagi stasiun TV milik MetroSulawesi ini akan memberikan warna baru pada pertelevisian lokal Kota Palu.

Dengan mengangkat slogan “Perekat Budaya Sulawesi Tengah”, stasiun TV ini memproduksi program acara yang lebih profesional membuat siaran TV ini patut di perhitungkan. Semoga saja perkembangan TV lokal Sulawesi Tengah terus berkembang. Aamiin….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X