Info Palu

Ada 46 Pondok Bambu Di Anjungan Pantai Talise

Soki-soki di pantai anjungan talise
Soki-soki di pantai anjungan talise

Assalamu’allaikum….

Rizensia.com – Menyambut pelaksanaan Festival Pesona Palu Nomoni dan Pekan Budaya Indonesia ke-3 yang dilangsungkan di sepanjang pantai Teluk Palu, 22-28 September mendatang. Pemkot Kota Palu berusaha untuk menyelesaikan pembangunan 46 unit pondok/sabuah kalau orang Kaili bilang (Soki-soki) untuk mendukung pelaksanaan Event Internasional tersebut. 

Pembangunan soki-soki ini mewakili setiap kelurahan yang ada di Kota Palu, seperti dikuti Rizensia dari AntaraSulteng.com. Sekretaris Dinas Periwisata dan Ekonomi Kreatif Pemkot Palu, Arsid Nurdina, Senin menjelaskan semua bangunan soki-soki itu ditangani oleh masing-masing kelurahan yang ada di Ibu Kota Provinsi Sulteng.

Sendangkan dana pembangunan soki-soki ini ditanggung sendiri tiap kelurahan. Tetapi dari bahan pembangunan soki-soki, semuanya diharuskan menggunakan bahan baku bambu untuk rangkanya dan atap menggunakan daun pohon sagu.

Sementara bahan yang menjadi tali pengikat bangunan menggunakan rotan yang berasal dari kabupaten Sigi dan Donggala.

Pembangunan Soki-soki ini tentunya menambah kekhasan dari event Festival Pesona Palu Nomoni dan Pekan Budaya Nasional yang mengangkat budaya dan tradisional yang ada di Sulawesi Tengah khususnya Kota Palu.

Semoga saja masyarakat Kota Palu bisa menjaga aset soki-soki ini sehingga bisa menjadi daya tari pengunjung yang datang ke Kota Palu nantinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X