Info Palu

Batik Bomba Khas Suku Kaili Kota Palu

Batik Bomba Kota Palu.
Batik Bomba Kota Palu. Foto via antaranews.com

Assalamu’allaikum…..

Rizensia.com – Batik menjadi ciri khas dari Indonesia, hampir setiap daerah mempunyai batik ciri khas tersendiri tak terkecuali daerah Kota Palu, Sulawesi Tengah. Dimana pada daerah ini mempunyai batik yang dikenal dengan nama Batik Bomba.

Menariknya lagi, ternyata penamaan batik khas Palu dengan kata Bomba ternyata mempunyai makna yang berarti keterbukaan dan kebersamaan. Inilah yang tergambar pada masyarakat Kota Palu terbuka kepada siapa saja yang datang dan mengunjungi daerah ini.

Tradisi membuat batik dan menenun ternyata sudah ada sejak dahulu. Namun duluh dalam membuat bomba menggunakan kain sutra yang kemudian ditenun dengan menggunakan alat tradisional sehingga menjadi batik. Proses pembuatannya pun menggunakan bahan tinta dari bahan tinta yang berasal dari tumbuh-tumbuhan kemudian menggunakan alat canting seperti di Jawa dan menggunakan cetakan dari kayu.

Batik Bomba dari masa ke masa mengalami perkembangan, seperti mulai banyaknya kreasi motif-motif yang menggambarkan budaya, tanaman khas palu, dan kebiasaan orang palu yang kemudian digambarkan melalui motif-motif Bomba.

Motif-motifnya dari batik Bomba seperti bunga cengkeh, sambulugana (paket tumbuhan antara lain pinang dan siri), rumah adat (souraja), tai ganja, motif burung maleo, motif bunga merayap, motif resplang, motif ventilasi, motif ukiran rumah adat Kaili, motif lekatu dan masih banyak lagi.

Uniknya untuk motif sambulugana sendiri biasanya digunakan dalam acara adat untuk peminangan bagi masyarakat Kaili di Kota Palu. Bahkan setiap motif itu mempunyai makna tersendiri, contohnya seperti lekatu yang terinspirasi dari keberadaan pohon lekatu, pohon endemik kota Palu dimana keberadaanya sudah langkah dan katanya tinggal ada satu pohon yang berada di Kelurahan tavanjuka, Kecamatan Tatanga Kota Palu.

Bagi masyarakat Palu, ayo kita budayakan menggunakan batik khas dari Kota Palu. Karena kalau bukan kita siapa lagi. Nah, bagi Anda yang berada di luar Kota Palu, jika berkunjung ke Kota 3 Dimensi ini jangan lupa sempatkan untuk membeli oleh-oleh berupa kain Batik Bomba.

Refrensi Rizensia : AntaraNews, Benarnews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X