Info Palu

Palu Akan Punya Hutan Kota Terpadu, Berikut Video Ilustrasinya

Palu akan punya Hutan Kota Terpadu.
Palu akan punya Hutan Kota Terpadu.

Assalamu’allaikum….

Rizensia.com – Pemkot Kota Palu sudah mulai melakukan proses pembuatan Hutan Kota Terpadu, di kawasan sekitar bukit Jabal Nur Kecamatan Mantikolore Kota Palu. Nantinya hutan kota ini akan dibangun di atas lahan seluas 90 hektar.

Dimana lahan tersebut merupakan aset Pemprov Sulteng yang telah dihibakan penggunaannya ke Pemkot Palu.

Dalam tahap pembangunannya hutan Kota akan berkonsep ke arah hutan ekowisata, dimana didalamnya ada tanaman endemik Sulawesi Tengah, satwa dilindungi endemik seperti Anoa, zona seni budaya, sekolah alam, zona bangunan, Mushola, hostpot area, parkir, dan fasilitas permainan.

Bahkan demi lancarnya pembangunan Hutan Kota, Wali Kota Palu Hidayat telah melakukan komunikasi intens kepada pemerintah Kota Boras, Swedia dalam rangka membahas tindak lanjut kerjasama pembangunan hutan kota.

Dimana “Salah satu agenda pembahasan terkait persoalan anggaran,” katanya di Palu, Selasa (4/4). Kata Hidayat, sesuai dengan agenda, pertemuan akan dilaksanakan di Boras bulan Juli 2017.

Dikutip dari Antaranews, nantinya hasil dari kerjasama ini. Pemerintah Boras kata Hidayat telah merencanakan pengembangan pendidikan yakni sekolah edukasi berbasis lingkungan dan energi didalam kawasan hutan Kota, yang diperuntukan kepada masyarakat Palu. “Selain sekolah, hutan kota kita akan jadikan sebagai pusat penelitian berbasis ekologi,” tutup Hidayat.

Selain itu, tujuan pembangunan Hutan Kota juga untuk memenuhi konsep penataan ruang kota, dimana harus menyediakan sedikitnya 30 persen dari luas wilayah kota untuk ruang terbuka hijau.

Dalam perancangan pembangunan hutan Kota, Pemkot Palu melibatkan akademisi dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Untuk menentukan konsep rancangan, pra rancangan, pengembangan rancangan, dan detail engineriing design (DED) dari hutan kota itu nantinya.

Tentunya sebagai masyarakat Kota Palu bahkan Sulawesi Tengah, kita harus mendukung proses pembangunan hutan kota terpadu ini, karena mempunyai manfaat yang besar bagi perkembangan Kota Palu kedepannya dan Sulawesi Tengah yang mana Palu menjadi Ibukota Provinsi.

Berikut kami bagikan video tentang Ilustrasi Pembangunan Hutan Kota Palu ( Illustration of Forest Development Palu ).

Ilustrasi Pembangunan Hutan Kota Palu ( Illustration of Forest Development Palu )

Bagaimana menurut Anda tentang Hutan Kota ini?

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X