Info Palu, InfoIs

Habib Saggaf : Peran Alkhairaat Dalam Mempertahankan NKRI

Habib Saggaf Bin Idrus Aljufri

Assalamu’allaikum….

Palu (Rizensia.com) – Sudah sejak dahulu Alkhairaat ikut berperan aktif dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), hal itulah yang dikatakan oleh Habib Saggaf bin Salim Aljufri dalam pidato Haul Habib Idrus Bin Salim Aljufri ke 49, di kompleks Alkhairaat Pusat Palu, sabtu (8/7/2017).

Pada massa itu Habib Idrus sangat mendukung penuh pemerintahan yang dipimpin oleh Presiden Soekarno.

“Habib Idrus juga punya perhatian yang sangat besar terhadap gerakan-gerakan separatis yang terjadi di Sulawesi Tengah dan sekitarnya”. ungkap Habib Saggaf.

Masa itu Habib Idrus berjuang bersama murid dan masyarakat Indonesia Timur khususnya Sulawesi Tengah, dalam mempertahankan NKRI.  Habib Idrus memberi fatwa kepada masyarakat Sulteng, bahwa kiblat kita adalah Jakarta, kita ikut Soekarno.

“Waktu itu kita kenal PII, DI, Permesta, Beliau (Habib Idrus) memberi fatwa kepada masyarakat sulteng, para toko-toko, orang tua, anak-anak mudah yang menanyakan kepada beliau. Lalu, ia menjawab bahwa kiblat kita adalah Jakarta, kita ikut Soekarno”. ujar Habib Saggaf.

“Ketika gerakan separatis datang kepada Habib Idrus Bin Salim Aljufri. Datang membawa uang untuk merayu agar Habib Idrus bersama murid-muridnya (Alkhairaat) bergabung dengan mereka”. terangnya

“Habib Idrus Bin Salim Aljufri menolak pemberian para sekutu yang ingin bertemu dengannya”.

Bahkan mereka datang secara berulang-ulang ke kediaman Habib Idrus. Tetapi ia menolak bertemu dengan mereka, sampai-sampai Habib Idrus harus menyampaikan kepada muridnya jika datang lagi, sampaikan kepada mereka ia tidak di tempat.

“Beliau (Habib Idrus) menyampaikan kepada murid-murinya, jika mereka datang kembali bilang bahwa Habib Idrus tidak ada di Palu atau sedang keluar”. jelas Habib Saggaf

Dalam pidato Habib Saggaf, “Habib Idrus menegaskan bahwa kiblat kita adalah Jakarta, kita harus mendukung Pemerintah Pusat (Soekarno) dalam menegakkan NKRI”. ungkapnya

Dalam peringatan Haul Habib Idrus Bin Salim Aljufri (Guru Tua) yang ke 49, dihadiri ribuan orang dari berbagai daerah. Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan festival Raudhah Sis Aljufri yang juga di selenggarakan di kompleks Alkhairaat Pusat Palu. (rl/rz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X