Info Palu, Wisata

Festival Pesona Palu Nomoni 2017 Hadir Kembali!

Festival Pesona Palu Nomoni 2017
Festival Pesona Palu Nomoni 2017

Assalamu’allaikum…..

Rizensia.com – Di tahun 2017 ini Pemerintah Kota Palu kembali akan mengadakan event Internasional yang tiap tahunnya diselenggarakan. Festival Pesona Palu Nomoni 2017 akan hadir kembali pada bulan september mendatang, dimana acara ini sebagai festival menyambut hari jadi Kota Palu yang 38 tahun.

Melalui Festival ini, pemerintah mengajak semua masyarakat Kota Palu untuk lebih mengenal akan kebudayaan yang ada di lembah Palu, dengan mengangkat tema “Dari Palu Untuk Indonesia Berbudaya dan Beradat”.

Mungkin Anda masih belum mengetahui tentang Festival ini, berikut kami paparkan tentang Festival Pesona Palu Nomoni 2017 yang mana menjadi Festival terbesar dari Kota Palu :

Apa Itu FESTIVAL PESONA PALU NOMONI 2017 ?

Fesetival Palu Nomoni adalah event dimana mengangkat serta mengungkap kearifan budaya masa lalu yang ratusan tahun telah tenggelam dan diangkat kembali, dibalut dalam kemasan atraksi seni pertunjukan dengan nilai-nilai kebudayaan masa lalu yang bernilai arif dan luhur

Apa itu “Nomoni” ?

Dalam penggunaan nama Festival Pesona Palu Nomoni, ternyata mempunyai makna dan tujuan yang besar dari Pemerintah Kota Palu sendiri terhadap kota Palu kedepannya.

“Nomoni” artinya berbunyi atau bergema, Tema ini diusung sebagai spirit untuk menggaungkan ragam kebudayaan Etnis Kaili di Lembah Palu kepada dunia.

Kegiatan yang akan hadir di Festival Pesona Palu Nomoni 2017

Dalam kegiatan festival ini akan terbagi dalam beberapa kegiatan seperti kegiatan utama dan kegiatan pendukung. Kegiatan utama sendiri nantinya terbagi atas beberapa Ring, dimana pada setiap Ring menampilkan pertunjukan adat istiadat yang berbeda-beda.

Ring 1

Pada Ring ini dikhususkan untuk Kampung Kaili, dimana pada ring ini menampilkan kebudayaan yang ada di lembah palu seperti :

  1. Pertunjukan ritual adat komunitas adat kota Palu
  2. Pameran foto sepanjang masa
  3. Gelar kuliner tradisional Kaili
  4. Gelar krajinan tradisional Kaili
  5. Atraksi permainan rakyat
  6. Olahraga tradisional Kaili
  7. Pertunjukan seni tradisi Kaili
Ring 2

Untuk Ring ini akan dikhususkan untuk pertunjukan Ritual Adat Sulawesi Tengah. Melalui kegiatan Libu Mbaso Nusantara (Rembug Nasional),  dimana kegiatan ini akan diikuti oleh perserta adat se Indonesia, Paguyuban Kraton Nusantara se Indonesia dan Ormas Islam se Indonesia.

Ring 3

Meski Kota Palu mempunyai Suku asli yaitu Kaili, tetapi masyarakat Palu tidak menutup mata akan keberadaan etnis lainnya yang selama ini hidup dan bersama-sama membangun Kota Palu.

Di ring ini akan ada 7 (tujuh) panggung pertunjukan yang akan menyajikan pertunjukan budaya dari paguyuban/etnis yang ada di Kota Palu.

  1. Panggung Budaya Sulawesi Tengah
  2. Panggung Budaya Sulawesi Selatan
  3. Panggung Budaya Jawa & Sunda
  4. Panggung Budaya Gorontalo & Sulawesi Utara
  5. Panggung Budaya Bali
  6. Panggung Budaya Tionghoa
  7. Panggung Religi

Pelaksanaanya akan berlangsung selama event festival.

Ring 4

Ring ini merupakan alat transportasi yang akan digunakan di lokasi event  yaitu Dokar/Delman.  Dokar/Delman akan menjadi alat transportasi tunggal yang akan melayani pengunjung selama event berlangsung.

Jalan-jalan utama di area festival (Jalan Rajamoili, Jalan Cumi-Cumi dan Jalan Komodo) akan bebas dari kendaraan bermotor.

Kegiatan Pendukung
Kegiatan Pendukung di Festival Pesona Palu Nomoni 2017
Kegiatan Pendukung
  • PALU NOMONI INTERNATIONAL MARATHON 2017
  • LOMBA PERAHU LAYAR TRADISIONAL
  • LOMBA RENANG LINTAS TELUK PALU
  • KAMPUNG KULINER KAILI
Kapan Penyelenggaraan Fetival ini ?

“Festival Pesona Palu Nomoni 2017“ akan dilaksanakan pada tanggal 27 s/d 30 September 2017 bertempat di Sepanjang Pesisir Teluk Palu (+ 7,2 Km).

Pastikan diri Anda untuk hadir menjadi bagian dari kegiatan Festival Pesona Palu Nomoni 2017, ayo berkunjung ke Palu….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X