Info Palu, Unik

Asal-Usul Nama Kota Palu

Gambar Via (OneNusantara)

Assalamu’alaikum….

Beberapa bulan belakangan ini Kota Palu ramai di sorot oleh orang dari berbagai daerah di Indonesia maupun dunia. Disamping pemberitaan tentang Wakil wali kotanya, kemudian kita tau bersama pada bulan maret kemarin, tepatnya pada tanggal 9 maret terjadi fenomena alam yang sangat langkah terjadi di beberapa kota termasuk Kota Palu.

Hal tersebut lah yang membuat orang mulai mengenal Kota Palu yang dulunya sangat lekat dengan kota yang suka konflik, tetapi cap buruk tersebut mulai memudar dengan pemberitaan positif terhadap Kota lembah ini.

Terlepas dari itu semua, Anda tahu tidak asal-usul dari penamaan Kota Palu? Penamaan kota ini bukan terinspirasi dari nama alat perkakas Palu, akan tetapi asal-usul penamaan Kota Palu berawal dari kata Topalu’e yang artinya Tanah yang terangkat. Ini dikarenakan pada jaman dahulu daratan Kota Palu awalnya adalah lautan.

Seperti dikutip dari Wikipedia. Pada jaman dahulu terjadi gempa dan pergeseran lempeng (palu koro) sehingga daerah yang awalnya adalah lautan terangkat dan membentuk daratan lembah yang sekarang kita kenal menjadi Kota Palu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X