Otomotif

Keuntungan dan Kelemahan Menggunakan Tekanan Udara Nitrogen Pada Ban

Ilustrasi penggunaan nitrogen sebagai pengisi tekanan udara pada ban kendaraan.
Ilustrasi penggunaan nitrogen sebagai pengisi tekanan udara pada ban kendaraan.

Assalamu’allaikum…..

Rizensia.com – Bukan hal baru lagi di dunia otomotif penggunaan nitrogen untuk pengisian udara pada ban kendaraan, dimana dengan kelebihannya membuat beberapa pengendara mulai beralih ke nitrogen.

Nitrogen (N2) sendiri merupakan gas udara yang telah melalui proses permurnian dan tidak memiliki kandungan air di dalamnya. Gas ini termasuk gas yang tak berbau, tak berwarna, tidak ada rasa dan mempunyai sifat Inert yaitu gas diatomik bukan logam sehingga stabil dan sangat sulit bereaksi dengan unsur dan senyawa lainnya.

Ilustrasi penggunaan nitrogen sebagai pengisi tekanan udara pada ban kendaraan.
Ilustrasi penggunaan nitrogen sebagai pengisi tekanan udara pada ban kendaraan. Foto via carmudi

Banyak pandangan positif tentang penggunaan nitrogen sebagai pengisian tekanan angin pada ban kendaraan, ada yang bilang saat menggunakan nitrogen ban menjadi lebih stabil dan empuk saat melewati jalanan yang berlobang.

Berikut ini Rizensia bagikan keuntungan menggunakan Nitrogen sebagai gas pengisi tekanan pada ban :

  1. Penggunaan nitrogen membuat ban tidak cepat panas sehingga membuat ban tak mudah kempes. Hal ini dikarenakan ban berisi nitrogen memiliki jumlah molekul yang lebih besar.
  2. Nitrogen juga membuat daya cangkraman dan kinerja ban menjadi lebih optimal.
  3. Keuntungan selanjutnya adalah membantu kinerja mesin lebih efisien, karena nitrogen membuat tekanan ban lebih baik (stabil) ketimbang udara biasa. Sehingga bisa dibilang menghemat konsumsi bahan bakar.
  4. Karena kestabilan nitrogen dalam menjaga tekanan ban, mengakibatkan meningkatnya keselamatan dalam berkendara. Karena tidak terjadi oksidasi pada karet ban sehingga mempengaruhi umur elastisitas karet ban serta meminimalisir terjadinya kecelakaan akibat pecah ban.

Sendakang kelemahan Nitrogen Adalah :

  1. Harga pengisian nitrogen masih terbilang mahal, dimana untuk satu ban motor saja di Kota Palu itu sekitar 5 ribu, sendangkan untuk ban mobil dipatok 10 ribu.
  2. Bengkel-bengkel yang menyediakan nitrogen sebagai pengisi tekanan ban masih terbilang sedikit, sehingga ketika melakukan pengisisan ulang nitrogen agak sedikit direpotkan.

Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk Anda….. 🙂

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X