Otomotif

Dorong Agar Mobil Listrik Berkembang, Pemerintah Beri Kemudahan

Ilustrasi iM2 Concept. Foto via carscoops Photo

Rizensia.com – Semakin nyata perkembangan mobil masa depan akan beralih ke tenaga listrik, pemerintah mulai mendorong pabrikan dengan memberikan kemudahan agar mobil listrik mudah berkembang.

Melalui Kementerian Perindustrian Pemerintah tengah mengkaji program LCEV (low carbon emission vehicle) atau kendaraan rendah emisi, tujuannya untuk menyempurnakan Peraturan Menteri Perundustrian nomor 59 Tahun 2010.

Dikutip dari Viva.co.id, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, mengatakan, sampai saat ini ia sedang melakukan harmonisasi pada pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM), agar nantinya insentif kendaraan berbasis LCEV lebih besar dari kendaraan konvensional.

“Kami sudah berbicara dengan Ketua Umum Gaikindo. Menargetkan pada tahun 2025, 20 persen atau 400 ribu kendaraan rendah emisi sudah bisa memasuki pasar di Indonesia,” ujarnya saat membuka pameran GIIAS 2017 di ICE BSD, Tangerang Selatan, Kamis 10 Agustus 2017 lalu.

Dengan penargetan tersebut Pemerintah ingin mendorong agar pabrikan bisa menghadirkan kendaraan yang ramah lingkungan dengan cara menggodok program Pemerintah LCEV. Bahkan menteri perindustrian juga mengatakan bahwa pengembangan industri mengikuti keinginan konsumen.

“Pengembangan industri didasari atas ekspektasi konsumen yang semakin meningkat dan menuntut produsen untuk saling berkompetisi, menciptakan produk yang memenuhi aspek kenyamanan dan hemat bahan bakar, ramah lingkungan,” kata dia.

Dengan kemudahan yang di berikan oleh Pemerintah melalui program LCEV ini, bisa mendorong penjualan mobil listrik menjadi lebih murah lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X