Otomotif

Asal Usul Pewarnaan Pada Bahan Bakar Minyak (BBM) Milik Pertamina

Perbedaan Warna BBM Pertamina

Rizensia.com – Varian terbaru pada Bahan Bakar Minyak (BBM) yang dimiliki oleh Pertamina terus di munculkan, disamping untuk memberikan banyak pilihan kepada masyarakat, dengan kehadiran varian baru juga memberikan pelajaran kepada masyarakat untuk beralih ke BBM berkualitas bagus.

Artikel ini terinspirasi dari pertanyaan salah satu pengunjung Rizensia dimana ia bertanya tentang perwarnaan pada BBM. Warna pada BBM jenis bensin seperti Premium yang berwarna kekuningan, Pertalite berwarna kehijauan, sendangkan Pertamax biru kehijauan, dan Pertamax Plus berwarna kemerahan.

Pada dasarnya pewarnaan dari jenis BBM milik Pertamina itu hasil dari reaksi campuran zat-zat adiktif yang dimasukan pada BBM. 

Tapi khusus untuk Premium pihak Pertamina melakukan menambahkan pewarnaan dyes, karena pada dasarnya sifat bawaan bensin Premium tidak berwarna dan tidak berbau.

Sementara itu, Pertamax yang berwarna biru kehijauan, dan Pertamax Plus yang berwarna merah tidak menggunakan pewarna tambahan, sehingga kualitas pembakarannya lebih sempurna.

Dikutip dari tempo.co, Berdasarkan pemaparan Pertamina di Komisi Energi DPR pada 22 April 2015 lalu, warna cairan Pertalite adalah hijau terang. Warna ini didapatkan karena Pertalite diproduksi menggunakan bahan campuran Premium dan Pertamax.

Dari pernyataan pihak pertamina di atas, warna untuk Pertalite terjadi akibat diproduksi menggunakan bahan campuran Premium dan Pertamax, sehingga bisa dipastikan masalah yang pernah menjadi viral tentang kesamaan warna antara Pertalite dan Pertamax itu wajar terjadi.

Tapi pada dasarnya Warna antara Pertalite dan Pertamax memiliki perbedaan, meskipun perbedaanya tak terlalu mencolok.

Perbedaan warna antara Pertalite dan Pertamax
Perbedaan Pertamax dan Pertalite di Lab (Foto:Edy Sofyan/kumparan.com)

Jadi tujuan pewarnaan pada varian BBM milik Pertamina, pada dasarnya tidak disengaja itu terjadi akibat reaksi yang terjadi akibat campuran zat-zat adiktif pada setiap jenis varian BBM milik Pertamina. Semoga artikel ini bisa menjawab pertanyaan tentang warna pada BBM jenis Bensin milik Pertamina.

One Comment

  1. Bagaimana dengan Minyak Solar cs, apakah BBM Diesel ini juga menggunakan bahan pewarna untuk membedakan jenis2 BBM ini? Atau memang sudah dari awal Minyak Solar sudah berwarna kuning kecoklatan – bening pucat?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X