Otomotif

Kebiasaan Menyimpan HP di Jok Motor, Ternyata Melanggar UU Lalu Lintas!

Perangkat elektronik di jok motor. (Suzuki) via Viva.co.id

Assalamu’allaikum….

Beberapa hari lalu jagat maya diramaikan dengan penyebaran berita hoax yang menyebut kasus motor meledak dikarena menyimpan telepon seluler di jok motor.

Akan tetapi jangan menganggap menaruh hp di dasbor mobil dan jok sepeda mobil itu tidak membahayakan keselamatan lalu lintas. Karena panas yang terjadi di dasbor dan jok membuat handphone mengalami panas berlebihan dan bisa menyebabkan kebakaran.

Hal itulah yang membuat Masyarakat Transportasi Indonesia turut angkat bicara mengenai kabar motor meledak karena telepon seluler ditaruh di bawah jok.

“Anggota MTI, Djoko Setijowarno, bahwa menaruh handphone di dasbor atau jok sepeda motor membahayakan keselamatan lalu lintas. Hal itu dikarenakan handphone dapat mengalami panas berlebih dan menyebabkan kebakaran. Bahkan, tindakan itu juga tergolong melanggar undang-undang tentang lalu lintas dan angkutan jalan”.

Pasal yang dilanggar adalah Pasal 58 UU 22/2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

“Dimana berisi, setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan dilarang memasang perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas,” kata Djoko dalam keterangan tertulisnya kepada VIVA.co.id, Rabu 3 Mei 2017.

Menurut Djoko, ada sanksi pidana jika aturan tersebut dilanggar oleh pengendara. Hal itu termasuk diatur dalam pasal 279 UU 22/2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

Bahkan jika kita kedapatan menaruh hp dalam jok bisa dipidana dengan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp500 ribu.

Sesuai orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang dipasangi perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas, sebagaimana dimaksud dalam pasal 58, dipidana dengan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp500 ribu,” ujarnya.

Untungnya saat pihak kepolisian menyelidiki kebenaran berita berantai tentang motor terbakar akibat handphone di jok, ternyata hanya kabar hoax.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X