Otomotif

Apakah Sudah Ramah Lingkungan? Berikut Fakta Tentang Mesin Diesel

Ilustrasi. Foto via Kompas.com
Ilustrasi. Foto via Kompas.com

Assalamu’allaikum….

Rizensia.com – Berbicara soal mesin diesel memang mempunyai segudang pertanyaan yang membuat kita agak sedikit pusing. Diesel sendiri dalam beberapa tahun belakangan ini mengalami perkembabgan teknologi, pabrikan terus mengembangkan sistem mesin diesel yang ramah lingkungan.

Namun, masalah yang terjadi pada Volkswagen (VW) tetang emisi gas buang membuat kita kembali bertanya-tanya apakah mesin diesel ramah terhadap lingkungan??

Kalau sekarang sih admin masih bertanya-tanya, karena selama ini mesin diesel memang masih bermasalah dalam hal emisi gas buang, salah satunya asap hitamnya.

Akan tapi pertamina menjawab pertanyaan Admin, tentang masalah mesin diesel. Berikut daftar fakta tentang mesin diesel versi Pertamina yang dikutip dari Kompas.com :

Mesin Diesel Lebih Bertenaga

Banyak orang mengatakan mesin diesel kurang bertenaga dibandingkan mesin bensin. Namun seiring dengan majunya penggunaan teknologi turbo, mesin diesel jauh lebih bertenaga daripada mesin bensin.

  • Contohnya banyak truk yang menggunakan mesin diesel sebagai penggeraknya, ini menunjukan mesin diesel lebih bertenaga.

Mesin Diesel Sekarang Tidak Berasap Hitam Lagi.

Di masa lalu, mobil bermesin diesel identik dengan asap hitam. Hal tersebut membuat orang berpikir mesin diesel selalu mengepulkan asap berlebihan dan emisi lebih jahat. Faktanya, penggunaan solar berkualitas dengan kadar sulfur rendah membuat asap tidak terlihat lagi dan kandungan gas buangnya tidak berbahaya bagi lingkungan. Didukung dengan mesin canggih.

Mesin Diesel Lebih Irit Bahan Bakar

Anggapan mesin diesel lebih boros juga terbantah, karena dengan cetane tinggi dan torsi lebih besar dibandingkan mesin bensin, berdampak kepada konsumsi BBM lebih irit.

Mesin Diesel Lebih Senyap

Di masa lalu, mesin-mesin diesel lebih berisik dibandingkan mesin bensin. Hingga kini masih banyak orang menilainya seperti itu, namun sebenarnya mesin diesel modern telah jauh lebih senyap dibandingkan zaman dulu.

One Comment

  1. Berarti untuk masa depan, kendaraan bermesin diesel – Solar akan lebih populer daripada kendaraan bermesin Bensin. Maksudnya begitu ya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X