Otomotif

Wah…. Hari Ini Harga BBM Non-Subsidi Resmi Naik, Ini Alasan Pertamina

Assalamu’allaikum….

Tanggal 5 Januari PT Pertamina (Persero) menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Non-Subsidi, kenaikan harga ini dipicu oleh kenaikan harga minyak mentah dunia. Besaran kenaikan BBM tersebut masing-masing Rp 300 per liter.

Screenshot halaman pertamina.

Ternyata kenaikan harga ini sudah yang kedua kali, sebelumnya pada 16 Desember lalu. Dari pihak Pertamina sendiri telah menaikan harga Pertamax, Pertalite, dan Dexlite. Masing-masing naik sebesar Rp150 per liter, kenaikan itu disebabkan oeh dua faktor yakni  melemahnya mata uang rupiah dan kenaikan harga minyak dunia.

Seperti yang dikutip dari laman resmi Pertamina, Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan penetapan harga BBM Umum jenis Pertamax, Pertamax Plus, Pertamax Turbo, Pertamina Dex, Dexlite dan Pertalite merupakan kebijakan korporasi Pertamina dimana review dilakukan secara berkala. Perubahan harga terhitung mulai pukul 00.00 WIB tanggal 5 Januari 2017.

Akibat kenaikan ini membuat harga Pertamax di seluruh Indonesia menjadi naik, sebagai contoh di daerah DKI Jakarta, dan seluruh provinsi yang ada di Jawa dan Bali. Harga BBM dilepas dengan harga Rp8.050 per liter yang sebelumnya Rp7.750 per liter. Sendangkan pertalite di daerah yang sama menjadi Rp7.350 per liter dari sebelumnya Rp7.050 per liter.

Kemudian, untuk jenis Bahan Bakar Minyak seperti Pertamina Dex dihargai Rp8.400 per liter untuk wilayah DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Dan untuk wilayah DIY, Jawa Tengah, dan Jawa Timur dihargai Rp8.500 per liter. Sementara BBM jenis Dexlite ditetapkan menjadi Rp7.200 per liter untuk Jawa-Bali-Nusa Tenggara.

Kedepannya turun dan naiknya harga BBM tergantung dari kebijakan korporasi atas harga minyak dunia, yang setiap saat bisa berubah akibat kebijakan-kebijakan dari negara penghasil minyak dunia. Dan untuk merespon geliat pasar ini, pihak pertamina selalu mengevaluasi secara berkala harga BBM semua jenis setiap dua minggu sekali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X