Opini, Otomotif

80 Kecelakaan Lalu Lintas Terjadi Di Indonesia Per Harinya, Solusinya Apa?

Assalamu’alaikum….

Berkendara aman terus digalakan oleh kepolisian lalu lintas Indonesia, tetapi ada saja para pengendara yang tetap tidak mematuhi peraturan berkendara. Tahukah Anda? Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat kecelakaan cukup tinggi di dunia. Dalam sehari rata-rata ada 70-80 kecelakaan lalu lintas terjadi di Indonesia, dimana mayoritas merupakan kecelakaan kendaraan roda dua.

Ilustrasi. Foto via kompasiana.com
Ilustrasi. Foto via kompasiana.com

Seperti yang diungkapkan oleh Kepala Sub Bagian Keamanan dan Keselamatan Lalu Lintas dari Korlantas Polri, AKBP Hari Purwanto menjelaskan pada Beritasatu.com

“Tingkat kecelakaan lalu lintas di Indonesia memang masih tinggi dibandingkan dengan negara tetangga. Setiap jam ada 3-4 kecelakaan, artinya dalam sehari ada sekitar 70-80 kecelakaan,” papar AKBP Hari Purwanto, di acara kick off Michelin Safety Academy, di Jakarta, Senin (3/10).

Kebanyakan korban berusia produktif. mayoritas disebabkan oleh kurangnya disiplin dalam berlalu lintas, seperti tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan melaju dengan kecepatan tinggi. Lanjut Purwanto.

Kemudian Pada tahun 2020, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) juga sudah memberikan terget pada Indonesia untuk menurunkan angka kecelakaan tersebut sebanyak 50 persen.

Lalu, bagaimana cara agar Indonesia terlepas dari angka kecelakaan yang tinggi? Salah satu caranya adalah meningkatkan kesadaran dan keselamatan berkendara di kalangan anak mudah.

Cara lainnya untuk menurunkan angka kecelakaan dengan cara mendorong penurunnan pemakaian kendaraan pribadi, dengan cara membangun transportasi kota yang aman, nyaman, dan merata di seluruh wilayah kota.

Mungkin saja dengan tingginya angka kecelakaan ini menjadi salah satu peringatan untuk pemerintah, agar membangun transportasi umum yang terintegrasi dan memiliki kualitas pelayanan yang aman, dan nyaman bagi masyarakat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X