Wisata

Tiga Wisata Danau Dari Kabupaten Poso


Assalamu’allaikum….

Rizensia.com – Poso mempunyai keindahan alam yang mempesona, potensi wisata di Kabupaten Poso sangat besar. Kabupaten ini juga bersama Kabupaten Sigi mempunyai peran penting menjadi paru-paru pulau Sulawesi. Karena didalam kabupaten ini terdapat Taman Nasional Lore Lindu yang sudah terkenal dengan keberagaman hayati, flora dan fauna didalamnya.

Untuk wisata danau ternyata Kabupaten Poso mempunyai beragam pilihan, karena Kabupaten Poso mempunyai beberapa danau yang tentunya menawarkan keunikan-keunikannya sendiri. Setidaknya di Poso ada tiga tempat wisata Danau yang patut Anda kunjungi ketika berada di Kabupaten ini, yaitu Danau Poso, Danau Tambing dan Danau Wanga.

Danau Poso
Danau Poso. Foto via PaluGate.com

Danau Poso

Kalau Danau Toba mendapat predikat sebagai danau terluas di Indonesia, maka danau Poso juga mendapat predikat danau terluas urutan ketiga di Indonesia. Danau Poso sendiri mempunyai pesona yang tak kala menajubkan, karena jika pertama kali mengunjungi danau ini maka sekilas akan merasa seperti berada di pantai. Karena danau ini mempunyai keunikan yaitu ombak yang menggulung, mempuyai pasir putih ditepian danau ini.

Jadi tidak salah jika masyarakat sekitar menamakan beberapa tepian Danau Poso dengan nama pantai, karena mirip dengan pantai-pantai yang berada dilaut. Warna air dari Danau Poso sendiri sangat jernih dan mempunyai dua warna yang terdiri warna hijau di tepian dan di tengah danau yang berwarna biru

Luasan danau ini sekitar 32.320 hektar, dikelilingi oleh pengunungan, hutan dan rumah-rumah warga yang membuat mata berdecat kagum akan keindahan Danau Poso. Danau poso berada pada ketinggian 657 mdpl.

Danau Tambing di Taman Nasional Lore Lindu. Foto via Antaranews.com
Danau Tambing di Taman Nasional Lore Lindu. Foto via Antaranews.com

Danau Tambing

Danau Tambing menjadi tempat wisata yang tengah viral baik itu di Masyarakat Sulteng sendiri, wisatawan nasonal, bahkan mancannegara. Danau ini menawarkan Ekowisata, karena masuk kedalam wilayah Taman Nasional Lore Lindu.

Pada Danau ini memiliki hutan yang lebat dan asli, mempunyai fauna yang beragam sehingga wisatawan asing betah berlama-lama di Danau Tambing. Danau ini mempunyai beberapa spesies tumbuhan dan tanaman khas Danau Tambing seperti pohon besar jenis leda dan tumbuhan kecil menarik dan unik yaitu kantong semar serta tanaman anggrek.

Tanaman anggrek dan tumbuhan kantong semar ada di lokasi ini yang terdiri atas berbagai jenis. Contoh tumbuhan kantong semar ada lima dari 11 spesies di Indonesia dan satu di antaranya hanya tumbuh dan ada di sekitar kawasan Danau Tambing.

Danau Tambing berada pada ketinggian 1.700 mdpl, sendangakan akses untuk ke danau hanya membutuhkan waktu sekitar dua jam dari Kota Palu, karena hanya berjarak 90 km dan bisa diakses menggunakan kendaraan sepeda motor dan mobil.

Danau Wanga.
Danau Wanga. Foto Screenshot IG

Danau Wanga

Mengenal Danau Wanga, danau yang terletak di Desa Wanga, Kecamatan Lore Selatan, Kabupaten Poso. Obyek wisata ini jika di tempuh dari Kota Palu berjarak sekitar 100 km, bisa dicapai menggunakan kendaraan roda dua dan empat sampai didesa.

Kemudian, meneruskan perjalanan dengan jalan kaki menuju Danau Wanga. Uniknya meski berjalan kaki tapi terbayar karena disuguhi pemandangan padang safana yang luas membentang.

Karena Danau ini terletak ditengah padang safana. Menariknya bagi pengunjung yang hobi memancing, maka Danau Wanga menjadi surganya memancing, dihuni oleh berbagi jenis ikan air tawar seperti sogili, mujair, ikan mas, ikan nilam, gabus, kosak dan ikan lele.

Itulah 3 wisata Danau yang berada di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Semoga bermanfaat… (An/rz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X