Wisata

Pantai Kaluku Obyek Wisata nan Asli dan Eksotik

Pantai Kaluku Donggala Sulteng.
Pantai Kaluku Donggala Sulteng. Foto Rizensia

Assalamu’allaikum….

Rizensia.com – Kabupaten Donggala menyimpan banyak keindahan pantainya. Ya… Kabupaten yang memiliki garis pantai yang membentang dari selatan ke utara ini, ternyata mempunyai potensi besar dengan obyek wisata pantainya.

Salah satu pantai di Kabupaten Donggala yang sudah dikenal oleh para wisatawan lokal dan mancan negara ialah Pantai Tanjung Karang, tapi pada artikel ini Rizensia tidak akan membahas tentang pantai Tanjung Karang. Melainkan obyek wisata yang baru dikembangkan secara swadaya masyarakat yaitu Pantai Kaluku.

Pantai Kaluku Obyek Wisata nan Natural dan Eksotik ini menjadi tren baru dikalangan para WargaNet satu tahun belakangan ini, karena di pantai ini mempunyai banyak spot-spot untuk berswafoto bersama keluarga dan teman.

Letak Pantai Kaluku berada di desa Limboro, Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Jika berkunjung ke Pantai ini hanya membutuhkan waktu satu sampai satu setengah jam dari Kota Palu, Ibukota Provinsi Sulawesi Tengah. Pantai yang bertetanggaan langsung dengan Pantai Pusentasi (Pantai Pusat Laut) ini di kelola oleh masyarakat sekitar, sehingga untuk biaya masuknya gratis! Pengunjung Pantai Kaluku hanya membayar uang parkir saja, dan jika ingin memakai gazebo di sekitaran pantai pengunjung bisa menyewanya dengan harga terjangkau.

Penamaan Pantai Kaluku

Pantai Kaluku Donggala Sulteng 4
Pantai Kaluku Donggala Sulteng. Foto Rizensia

Pantai ini di berinama Kaluku karena di sepanjang garis pantai ini terdapat pohon kelapa, kata Kaluku sendiri adalah penyebutan bahasa dari Suku Kaili yang berarti kelapa.

Daya Tarik Pantai Kaluku

Pantai Kaluku Donggala Sulteng 2
Pantai Kaluku Donggala Sulteng. Foto Rizensia

Daya tarik dari Pantai ini menawarkan keindahan alam seperti pemandangan pantai yang luas, karena langsung menghadap ke Selat Makassar. Disini juga bisa melihat tebing-tebing karang dibagian selatan pantai, dan hutan mangrove disisi utara.

Pantai Kaluku Donggala Sulteng 3
Pantai Kaluku Donggala Sulteng. Foto Rizensia

Jika diwaktu siang, hamparan pasir putih yang luas akan tersaji di Pantai ini. Karena pada waktu itu air laut surut menjauh dari garis pantai. Sehingga bagi pengunjung yang ingin snorkling di pantai ini, sedikit sulit mencari spot trumbu karang.

Tapi tak perlu kecewa, seperti Rizensia jelaskan sebelumnya. Pantai ini sangat viral di kalangan WargaNet, karena masyarakat sekitar yang mengelola pantai ini menyediakan spot-spot berfoto ria, dimana terdapat papan-papan yang bertuliskan kalimat-kalimat romantis di sepanjang Pantai Kaluku dan terdapat pula ayunan. Sehingga pengunjung bisa berkreasi untuk mendapatkan foto-foto yang Indah untuk dipajang di sosial media.

Bagaimana tertarik untuk mengunjungi Pantai Ini? Ayo datang ke desa Limboro, Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Ne Rakalingasi (Jangan dilupa) le……..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X