Wisata

Kemenpar Tetapkan 3 Destinasi Wisata Unggulan Di Sulteng

Assalamu’allaikum….

Kemenpar (Kemetrian Parawisata) belum lama ini menetapkan 3 destinasi unggulan untuk wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, dimana nantinya akan mendapatkan skala prioritas didalam pengembangan keparawisataan secara nasional.

Ketiga objek wisata yang diprioritaskan tersebut adalah Kepulauan Togean, Mantantimali, dan Lembah Bada. Seperti dikutip dari Antara News.

“Ketiganya adalah objek wisata Togean, Matantimali dan situs benda-benda purbakala dan patung megalit di Dataran Bada, Poso,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sulteng Norma Mardaju di Palu, Selasa.

Kepulauan Togean. Via Google Image
Kepulauan Togean. Via Google Image

Kepulauan Togean sendiri adalah suatu kepulauan yang berada di Teluk Tomini, di kepulauan tersebut terdapat banyak sekali spot-spot penyelaman yang cukup di sukai oleh para wisatawan mancanegara. Karena menawarkan keindahan dari segi terumbu karang, pantainya dan pulau-pulau dari kepulauan togean itu sendiri.

Ia mengatakan objek wisata Togean tertelak di Kabupaten Tojo Una-Una yang cukup ramai dikunjungi para wisatawan mananegara (wisman).

Objek wisata tersebut paling disukai turis asing karena keindahan dan keunikan bawah laut yang kaya dengan berbagai jenis terumbu karang menjadi tempat hunian ikan-ikan sehingga menarik perhatian para wisman yang berkunjung ke lokasi itu.

Mantantimali. Foto via Unik Palu
Mantantimali. Foto via Unik Palu

Sementara, Obyek wisata Mantantimali menawarkan keindahan lembah palu dari atas ketinggian, disini Anda bisa menikmati olahraga paralayang. Bahkan tempat ini pernah menjadi salah satu tuan rumah pelaksanaan kejuaraan paragliding dimana diikuti oleh para atlet paralayang dari dalam negeri dan mancannegara. Seperti yang diungkapkan oleh Norma kepada Antara News

Begitu pula dengan objek wisata olahraga dirgantara Matantimali di Kecamatan Dolo Barat, Kabupaten Sigi.

Objek wisata yang sangat diminati para wisman dan atlet paralayang dari belahan dunia tersebut memiliki keindahan dan keunggulan lain dibandingkan lokasi yang sama di dunia.

Bahkan bagi beberapa atlet dunia yang pernah menjajaki objek wisata itu mengaguminya karena sangat cocok untuk pelaksanaan kejuaraan paragliding.

Uniknya, kata Norma, setiap saat para atlet paralayang bisa terbang karena didukung angin yang memadai. “Itu sebabnya, Kementerian Pariwisata menetapkan Matantimali sebagai salah satu dari tiga destinasi unggulan dan mendapat prioritas dalam pengembangan sektor kepariwisataan nasional,” katanya.

megalitik-sulteng1-lembah-bada
Situs meglitik di lembah bada. Foto via Google Images

Kemudian lembah bada, dimana dilembah ini terdapat bebatuan megalitikum purbakala terbesar di Indonesia. Lembah ini berada di Kabupaten Poso. Tempat ini banyak di kunjungi oleh para wisatawan dan peneliti dari berbagai negara yang ingin meneliti benda-benda purbakala di lembah bada tersebut. Dikatakan oleh Norma

Demikian halnya dengan objek wisata benda-benda purbakala yang ada di Lembah Bada, Kabupaten Poso.

Objek wisata itu sangat banyak dikunjungi, budayawan, mahasiswa dan para peneliti dari berbagai negara di dunia, katanya kepada Antara News.

Dengan ditetapkannya tiga destinasi obyek wisata unggulan, membuat pemerintah provinsi semakin memacu dan memperhatikan fasilitas penunjang di tempat-tempat tersebut agar memudahkan para pengunjung nantinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X