Review, Wisata

Sejarah Penamaan Objek Wisata Pusat Laut, Donggala Sulawesi Tengah

Pusat Laut. Foto (Rizensiacom)

Assalamu’allaikum….
Kamu pernah membaca, mendengar atau pernah berkunjung ke salah satu objek wisata unik di Provinsi Sulawesi Tengah, lebih tepatnya di kabupaten Donggala. Nama objek wisata tersebut adalah Pusentasi kalau dalam bahasa indonesia artinya Pusat Laut.
Mendengar nama objek wisata ini mungkin Anda langsung bertanya-tanya. Apakah objek wisata ini berada di tengah laut??

Pusat Laut Adalah sebuah sumur besar alami dimana di dalamnya terdapat air asin. Tempat Wisata ini terdapat di pinggir pantai Desa Towale, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Tempat ini berjarak 55 kilometer dari Palu atau 30 km dari Kota Donggala.

Pada awalnya Saya sendiri sempat bingung dengan penamaan tempat wisata ini, tetapi saat mengunjungi dan mengulik-ngulik ternyata Saya mendapatkan jawabanya, “Kenapa nama objek wisata Pusat Laut dinamakan demikian”.
Sejarah Penamaan Obyek Wisata Pusat Laut
Pada awalnya, obyek wisata ini pertama kali di temukan pada tahun 1980-an. Dinamakan Pusat Laut karena air sumur ini dipercaya mengalir dari pusaran Laut Selat Makasar itu terdapat sekitar 1 kilometer dari sumur. Titik pusar tersebut mempunyai semacam trowongan untuk mengalirnya air ke sumur. Pusaran tersebut merupakan titik temu antara kedua arus berbeda.

Menurut Rahman (38), petugas jaga Pusentase, tempat wisata tersebut pertama kali ditemukan pada 1980-an. Saat itu seekor kerbau terjerembap. Sehari kemudian kerbau itu ditemukan di titik pusar di tengah laut. ”Mungkin karena itulah orang-orang percaya ada terowongan di dalamnya,” katanya. Dikutip dari Kompascom.

Namun terowongan yang di maksud sekarang tidak terlihat, kemungkinan tertutup oleh batu.

Lagi Narsis. Foto (Rizensiacom)
Pusat Laut Seperti Apa?
Pusat Laut berbentuk seperti sumur besar, di sekelilingnya terdapat bebatuan yang sangat koko. Air dari Pusat Laut sendiri sangat jernih, meski para pengunjung melakukan aktifitas terjun dan berenang tak membuat airnya menjadi keruh.
Diameter dari Pusat Laut sendiri mencapai 15 meter dengan kedalaman 25 meter, bagi kamu yang mengaku Adventure sejati wajib terjun kedalam sumur ini dan rasakan sensasinya. Jika kita ke arah timur dari Sumur alami ini (Pusat Laut), akan di manjakan dengan pemandangan pantai berpasir putih yang langsung menghadap ke selat makasar. Jika kita bertahan sampai sore di sini, kita juga akan melihat matahari terbenam yang begitu indah.

Berikut ini beberapa foto yang saya ambil saat berada di pantai obyek wisata pusat laut :

Keunikan Pusat Laut (Pusentasi)

Keunikan dari Pusat Laut adalah sumur ini juga mengalami pasang surut. Jadi ketika Laut di pantai bagian timur sumur surut, maka air sumur menjadi pasang dan begitu pula sebaliknya. Ketika air laut pasang, maka debit air di sumur menjadi berkurang.
Itulah yang memperkuat masyarakat menamakan sumur tersebut menjadi Pusentasi (Bahasa Kaili), yang berarti Pusen (Pusat) tasi (Laut). 

Harapan kedepannya semoga tempat wisata ini bisa berkembang dan semakin banyak pengunjungnya. Kemudian pemerintah setempat lebih memperhatikan infrastruktur yang terdapat di obyek wisata Pusentasi (Pusat Laut).





3 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X