Opini

Klarifikasi Pasha ‘Ungu’ Soal Gaya Rambutnya

Gaya Rambut Pasha Ungu
Gaya Rambut Pasha Ungu

Assalamu’allaikum…..

Rizensia.com – Viralnya respon Warganet Nasional dalam melihat gaya rambut Pasha yang di nilai tidak sesuai dengan etika kepala daerah. Membuat Pasha melakukan Klarifikasi dengan menjelaskan kepada Masyarakat tentang gaya rambut pada acara Talk Show Tompi & Glenn.

Berikut penjelasan Pasha/Sigit Purnomo Said yang menjabat sebagai Wakil Wali Kota Palu, Sulawesi Tengah yang kami kutip dari akun IG Matanajwa :

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.


Terima kasih atas perhatian saudara-saudaraku, rekan-rekan, masyarakat di seluruh Indonesia terkait rambut saya yang terlihat dan dianggap “nyeleneh” serta kurang tepat sebagai kepala daerah dalam acara Tompi & Glenn. Prinsipnya saya sangat menerima masukan dan kritik yang ditunjukan kepada saya. Namun tanpa bermaksud membela diri atau melakukan pembenaran secara subyektif, perlu saya informasikan bahwa yang mengikat saya dalam pelaksanaan tugas jabatan selaku kepala daerah ada dual hal : (1) aturan (2) etika. Secara aturan, tidak ada poin-poon tertentu yang mengatur tentang bagaimana tatanan rambut seorang kepala daerah. Secara etika, saya tidak merasa melanggar etika karena saya merasa tampil rapi.

Walapun memang kondisinya rambut saya ikat, itupun tujuannya agar terlihat rapi karena rambut saya agak sedikit panjang. Nah, dalam kegiatan acara Tompi & Glenn tersebut, tegline atau judulnya adalah musisi yang menjadi pejabat/kepala daerah, sebenarnya kesan itu (ikat rambut) yang secara pribadi sengaja saya tampilkan agar terlihat rapi (kalau tidak diikat akan terlihat berantakan dan kurang sopan) dan tetap berusaha menjaga etika tanpa bermaksud pamer atau terkesan nyeleneh dari penampilan saya pada saat wawancara dengan sahabat saya Tompi & Glenn. Dalam acara tersebut, saya ingin menyampaikan bahwa musisi/anak band juga bisa berkontribusi serta terjun langsung ke dunia politik dan menjadi pejabat dengan tujuan membangun bangsa lewat pengabdian di daerah masing-masing.

Sekali lagi tidak ada maksud untuk memberi kesan kurang sopan dan nyeleneh. Saya ucapkan terima kasih kepada semuanya yang sudah memberi komentar. InsyaAllah saya jadi pribadi lebih baik lagi

Salam hormat

Sigit Purnomo Said/Pasha-Wakil Wali Kota Palu.

Gaya rambut Pasha yang dipersoalkan oleh Warganet adalah potongan rambut gaya skin fade dan dikincir ke belakang, padahal saat itu dia memakai seragam aparatur sipil negara. Tentu inilah yang menjadi cikal bakal permasalah oleh Warganet.

Sementara Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menganggap bahwa gaya rambutnya tidak melanggar aturan

“Menurut saya, Pasha sebagai kepala daerah, dari foto yang beredar, tidak menyalahi UU atau peraturan,” ujar Tjahjo kepada wartawan, Senin (22/1/2018). Dikutip dari detikcom

“Seragam sudah benar, potongan rambut wajar, mau cepak atau mau gundul, sah-sah saja. Yang diatur tidak boleh gondrong atau panjang,” ucap Tjahjo.

Sementara Direktur Fasilitas Kepala Daerah, DPD, dan Hubungan Antarlembaga (FKDH) Kemendagri Akmal Malik menyebut Pasha melanggar etika.

“Sisi etika saja, ada aturan berpakaian rapi, tata cara berpakaian dinas. Secara normatif tidak melanggar UU, hanya melanggar etika tata cara berpakaian,” kata Akmal saat dihubungi, Senin (22/1).

Dan pihaknya akan melakukan teguran kepada pihak bersangkutan agar sesuai dengan permendagri.

“Kita akan tegur, ingatkan dulu, karena itu sifatnya administratif,” katanya. Dikutip dari detikcom.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X