Info Palu, Opini

Mantap! Kota Palu Mulai Gelar Rentetan Festival Budaya

Assalamu’alaikum….

Kota Palu sepertinya mulai mengembangkan event-event yang mengangkat budaya. Kemarin tepat pada tanggal 7 Oktober 2016 pembukaan Kabonena Puenjidi Festival dimulai, dimana dalam pembukaan di meriakan dengan Marching Band, Gerobak sapi, dan Tari-tarian seperti Pamonte massal.

Gerobak Sapi memeriakan Kabonena Puenjidi Festival. Foto milik bmzIMAGES/Basri Marzuki/16 via (beritapalu.net)
Gerobak Sapi memeriakan Kabonena Puenjidi Festival. Foto milik bmzIMAGES/Basri Marzuki/16 via (beritapalu.net)

Acara tersebut digelar atas kerjasama Kerukunan Pemuda Kabonena (KPK) dan Asosiasi Seniman Musik Indonesia (ASMI), diman diselenggarakan di Kompleks Perumahan Kabonena Permai Palu. Festival ini akan diselenggara dari tanggal 7 sampai 9 Oktober 2016.

Didalam Festival ini diisi dengan sejumlah acara seperti Lomba tiako, Tarik tambang, Pertunjukan peni tradisi, Permainan tradisional dan masih banyak lagi.

Ini menjadi salah satu Festival yang dibuat oleh kelurahan-kelurahan di Kota Palu, sebelumnya juga ada Gebyar Boyaoge Festival (Kelurahan Boyaoge), dan Karona Fest (Kelurahan Ujuna).

Gebyar Boyaoge Festival sendiri adalah sebuah karnaval budaya, dimana dalam pembukaannya diawali dengan Drum band, Pakaian berdesain komtemporer, Cosplay, Pakaian adat dan diikuti oleh barisan anak-anak TK yang menambah kemeriahan kegiatan tersebut.

Gebyar Boyaoge Festival digagas oleh Pemudah Boyaoge Bersatu (PBB), saat ditanya motivasi membuat kegiatan ini kepada ketua PBB Rafzan Sanusi.

Dikatakanya yakni ingin membangkitkan peran serta pemuda di wilayah itu bagi pembangunan di wilayahnya. Seperti dikutip dari Beritapalu.net

Kemudian, Ada Karona Fest yang di pusatkan di Kelurahan Ujuna. Festival tersebut diselenggarakan untuk menyambut Festival yang di selenggarakan oleh Pemkot Kota Palu yaitu Festival Pesona Palu Nomoni 2016 kemarin.

Baca Juga : Selamat Ulang Tahun Kota Palu Ke 38 (Palu Destinasi Wisata Budaya)

Ini menjadi suatu pertanda bahwa adanya kemajuan soal event budaya yang diselenggarakan oleh beberapa Kelurahan di Kota Palu, semoga kedepannya terus berkembang agar bisa mendongkrak kunjungan wisata ke Kota Palu khususnya dan Provinsi Sulawesi Tengah pada Umumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X