Info Palu, Opini

Selamat Ulang Tahun Kota Palu Ke 38 (Palu Destinasi Wisata Budaya)

Assalamu’alaikum….

Kota Palu pada tanggal 27 September 2016 merayakan ulang tahunnya yang ke 38, masyarakat Kota Palu dalam menyambut HUT Kota Palu disajikan dengan beberapa perhelatan seperti lomba lari marathon, lomba balap motor, renang melintasi teluk palu dan lombah lainnya. Kemudian diakhiri dengan Festival Pesona Palu Nomoni 2016 24-26 September 2016, dimana didalamnya mempertunjukan adat istiada yang ada di Kota Palu dan dari daerah lain.

Festival Pesona Palu Nomoni
Festival Pesona Palu Nomoni

Pada tahun sebelumnya HUT Kota Palu hanya dimeriakan dengan Festival Teluk Palu (FTP) yang cenderung menonjolkan makanan saja.

Nah, pada tahun ini Kota Palu agak sedikit berbeda. Dengan melakukan perayaan dalam menyambut HUT Kota Palu, dimana dibuat secara meriah dan lebih matang. Format pada tahun ini diantaranya menampilkan pertunjukan Budaya adat istiadat dari suku Kaili dan dari daerah lain di Indonesia yang mana hidup berdampingan di Kota Palu.

Dengan mengangkat tema “Membuka Mata Dunia Menuju Palu Nomoni, tentu ini menunjukan bahwa Kota Palu mulai bertransformasi dan menuju menjadi Kota wisata. Memang ini perlu diapresiasi oleh kita masyarakat Kota Palu, karena industri parawisata sangatlah menguntungkan jika dikembangkan dengan baik.

Kota Palu ingin menjadi destinasi wisata budaya di Indonesia

Dibuatnya Festival Palu Nomoni menjadi langkah pertama Kota Palu menjadi destinasi wisata budaya di Indonesia.

Seperti yang diungkapkan oleh Walikota Palu, Hidayat. Pada Metrosulawesi, Hal ini dilaksanakan dengan tujuan menujukan kepada dunia bahwa di Kota Palu terdapat beragam etnis yang bisa hidup berdampingan.

Selain itu, secara marketting, hal ini sebagai langkah untuk menjadikan Kota Palu sebagai salah satu destinasi wisata budaya di Indonesia.

“Jadi itulah kira-kira tujuannya, kenapa tema itu diambil, kita ingin membunyikan suara budaya, perdamaian atau keberagaman agar didengar dunia, sehingga mereka mau datang ke daerah kita ini”, kata Hidayat. Metrosulawesi.com

2 hari lagi kita mulai ayeyyyyyyy Palu Nomoni 2016. #soalpalu #palu #sulawesitengah

A video posted by Soal Palu (@soalpalu) on

Semoga dengan bergemanya dunia para wisata Kota Palu membuat Kota Palu semakin di kenal oleh Indonesia dan Dunia.

3 Comments

  1. wah memang perlu ay sekaarng bikin festival guna memperkenalkan alam dan budaya kita, nah ternyata palu juga gak kalah menarik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X