Opini, Sport

Bangkitnya Sepak Bola Sulteng: Pemda Provinsi Rencana Bangun Tribun Baru Estadio Gawalise

Kehadiran Celebest FC menjadi awal kembalinya kejayaan persepak bolaan Sulawesi Tengah di tingkat nasional, dimana pada saat itu lewat Persipal Palu di era 1970 sampai dengan 1980. Ini yang membuat masyarakat Kota Palu dan pada Umumnya Sulawesi Tengah antusias dengan kehadiran Celebest FC di Kota Palu.

img_20160827_172755
Estadio Gawalise, Kota Palu Sulawesi Tengah. Foto via Rizensia Foto

Melihat hal ini membuat Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, akhirnya memberikan perhatian pada persepak bolaan Sulawesi Tengah yang tengah berkembang. Nantinya pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah akan menambah kapasitas Estadio Gawalise yang mana menjadi markas dari Celebest FC, serta tim lainnya seperti Persipal Palu dan Persibuol.

Penambahan ini akan dilakukan dengan cara membangun tribun di utara dan selatan Estadio Gawalise. Selain penambahan tribun, Pemda juga akan membantu untuk memperbaiki lampu stadion yang saat ini tidak bisa difungsikan. Rencananya pembangunan ini akan mulai dilakukan pada 2017 mendatang. Info ini didapatkan dari pernyataan pembawa acara dalam laga antara Celebest FC vs Persigubin, Sabtu 27/8/2016.

Estadion Gawalise. Foto via Bola.com

Sebelumnya, stadion yang berada di kaki gunung gawalise ini sangat kumuh. Fasilitas-fasilitas didalamnya banyak yang sudah rusak, rumput lapangan yang kering, dan kerusakan lainnya.

Masuknya Celebest FC ke palu membuat stadion ini menjadi lebih baik, karena menejemen Celebest FC rela merogok kocek dalam merenovasi Stadion Gawalise untuk menjadi rumah yang nyaman bagi pelatih, pemain, dan para suporter.

“Sekarang kami menyebut Stadion Gawalise menjadi Estadio Gawalise. Ini bukan latah atau agar dinilai kebarat-baratan, karena berbau Spanyol. Tapi, kami ingin mengubah kesan publik terhadap Stadion Gawalise yang sebelumnya kumuh menjadi tempat nyaman dan representatif untuk menggelar sepak bola. Warga pun akan rajin dan betah berlama-lama di Estadio Gawalise bersama keluarga mereka,” tutur Rudy Eka Priyambada, manajer dan pelatih Celebest FC kepada Bola.com.

Semoga saja bisa terealisasi dengan cepat tentang rencana pemda Sulteng menambah kapasitas Estadio Gawalise dan memperbaiki lampu lapangan, sehingga kedapannya persepak bolaan Sulawesi Tengah bisa hidup kembali karena fasilitas-fasilitas Stadion yang semakin baik dan mendukung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X