Opini, Pendidikan

Komunitas yang Berjuang Demi Pendidikan Indonesia

Ilustrasi Via (1000_guru com)

Assalamu’alaikum…

Mengenyam pendidikan adalah hak bagi setiap warga negara Indonesia, bahkan negara wajib untuk menjamin setiap warga negaranya mengenyam pendidikan selama 12 tahun. Tetapi melihat dibeberapa daerah plosok negeri, masih banyak sekolah yang masih terkendala dengan prasarana seperti gedung sekolah yang tidak memadai, alat-alat penunjang pendidikan yang masih kurang dan akses kesekolah yang masih berbahaya bagi para siswa-siswinya.

Tak hanya itu, kendala lainnya yaitu tenaga pengajar yang masih kurang untuk sekolah-sekolah di daerah plosok Indonesia. Hal inilah yang membuat banyak kalangan, termasuk anak mudah yang peduli terhadap dunia pendidikan di Indonesia. Sekarang ini banyak komunitas yang fokus kegiatannya pada dunia pendidikan, bagi sobat Rizensia mungkin ada yang sudah mengenal komunitas-komunitas berikut, bahkan ada teman-teman yang sudah masuk di dalamnya dan kerja nyata membantu pendidikan didaerah plosok negeri. Ini dia, Komunitas yang Berjuang Demi Pendidikan Indonesia :

Komunitas 1000_guru

Komunitas 1000 Guru adalah komunitas yang berawal dari sebuah akun Twitter @1000_guru. Di bentuk pada tanggal 22 Agustus 2012 oleh Jemi Ngadiono, awalnya 1000_guru adalah akun inspirasi dengan memberitakan tentang keadaan realita pendidikan di pedalaman pelosok negeri melalui media social, namun kini berkembang dengan melakukan aksi sosial nyata dengan turun langsung membantu pendidikan anak-anak pedalaman negeri.
Di Komunitas 1000_guru ada tiga aksi yang dilakukan oleh komunitas yaitu :
  • Beasiswa Guru Pedalaman. Ini adalah bentuk komitmen untuk membantu tenaga pendidikan di pedalaman yangberdedikasi tinggi namun hanya luusan SMA sederajat.
  • Treveling and Teaching. Mengajak semua kalangan anak mudah dari berbagai latar belakang profesi untuk mengunjungi tempat-tempat yang indah dan unik tentang negeri ini, disertai dengan kegiatan sosial berbagi dan mengajar di tempat-tempat yang akan dikunjungi.
  • Moral Campaign “Hormati Gurumu!”. Guru adalah ujung tombak pendidikan, tanpa guru tidak akan ada peradaban, sangking begitu pentingnnya seorang guru selayaknya mereka mendapat penghormatan. Nah, 1000_guru mengambil bagian dan melakukan kampanye Moral “Hormati Gurumu” dengan melakukan seminar motivasi, mengajak para siswa untuk menghormati guru dan mengembalikan rasa sayang antar murid dan guru.

Indonesia Mengajar

Indonesia mengajar adalah salah satu yayasan yang membantu mengisi kekurangan guru sekolah dasar, khusunya di daerah terpencil, dengan mengirimkan lulusan terbaik perguruan tinggi di Indonesiayang telah di didik intensif agarmenguasai kapasitas sebagai pengajar dan kepemimpinan untuk bekerja sebagai guru selama setahun.

Kelas Inspirasi

Kelas Inspirasi adalah gerakan para profesional turun ke Sekolah Dasar (SD) selama sehari, berbagi cerita dan pengalaman kerja kemudian tak luput juga motivasi meraih cita-cita. Cerita tersebut nantinya akan menjadi bibit yang akan merangsang siswa untuk bermimpi meraih cita-cita tanpa batas pada diri mereka.
Tujuan dari kelas Inspirasi ini ada dua, yaitu menjadi wahana bagi sekolah dan siswa untuk belajar dari para tokoh profesional. Kemudian para profesional, khususnya kelas menengah secara lebih luas, dapat belajar mengenai kenyataan dan fakta mengenai kondisi pendidikan.

Sekolah Tanpa Batas

Adalah sebuh komunitas belajar yang bergerak di bidang pembelajaran yang didirikan di kota Makasar pada tanggal 23 Agustus 1990. Awalnya pembentukaan digawangi oleh Edy Juspar, Mursalim, Muhammad Subhan, Suriadi dan Mashuri sehingga diberi naman Embargo yang di ambil dari kelima huruf pendirinya tersebut.
Kegiatannya dilakukan dalam bentuk belajar kelompok dengan cara berkunjung ke rumah tiap angotanya dan juga partisipan yang ikut bergabung di dalam komunitas ini. Pada taggal 23 Agustus 2006, komunitas ini resmi berganti nama menjadi Skholatanpabatas.
Itulah 4 Komunitas dari ratusan Komunitas yang Berjuang Demi Pendidikan Indonesia, semoga kedepannya pendidikan di Indonesia semakin baik lagi dan pemerintah juga harus terus memerhatikan sekolah-sekolah yang terdapat di pelosok negeri sana. 
Rizensia.com mengucapkan “Selamat Hari Pendidikan Nasional”.

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X