Lifestyle

Anak Sulit Minum Obat Demam, Apakah Minum Obat Bisa di Campur Dengan Susu?

Ilustrasi anak demam via balitapedia
Ilustrasi anak demam via balitapedia

Assalamu’allakum……
Rizensia.com – Ketika anak demam tentu Anda sebagai orang tua akan panik dengan kondisi seperti ini, apalagi jika Anak Anda susah untuk meminum obat demam. Tentu Anda sebagai orang tua harus mencari cara agar anak mau minum obat, baik itu dengan cara mencampurnya dengan Pisang, atau menggunakan roti yang dilunakkan.

Tapi bagaimana jika Anda menggunakan susu dalam memberikan obat demam kepada Anda, apakah itu berbahaya atau tidak? Nah berikut ini kami berikan solusinya :

Dikutip dari situs Alodokter, bahwa penggunaan susu untuk minum obat ternyata perlu diwaspadai karena efek interaksi obat yang akan muncul. Sehingga ada beberapa obat yang tidak boleh untuk dicampur dengan susu antara lain: beberapa golongan antibiotik dan obat anti kejang/epilepsi. 

Akan tetapi obat penurun panas seperti Ibuprofen aman diminum dengan dipadukan bersama susu

Obat penurun panas anak seperti ibuprofen aman dikonsumsi menggunakan susu, bahkan disarankan menggunakan susu karena memiliki efek melindungi lambung dari efek samping obat. dikutip dari Alodokter.com

Sendangkan untuk golongan obat antibiotik seperti Paracetamol berbeda dengan Ibuprofen, sehingga tidak disarankan diminum menggunakan susu.

Sedangkan untuk golongan paracetamol belum ada penelitian yang jelas menyebutkan bahwa susu akan menghambat paracetamol. 

Namun, Anda disaranakan lebih baik jika mencampurnya diberikan jarak waktu atau dengan cara menggunakan bantuan pisang atau roti yang dilunakkan.

Kemudian, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebagai orang tua ketika menangani anak seperti dijelaskan oleh Alodokter : 

  1. Pemberian obat penurun panas seperti paracetamol dan ibuprofen diindikasikan untuk anak demam dengan suhu 38 C (pengukuran dari lipat ketiak)
  2. Tirah baring, aktifitas fisik yang tinggi dapat meningkatkan suhu tubuh anak dengan demam dan tanpa demam. Sehingga anak disarankan istirahat.
  3. Kompres air hangat (tepid sponging), Tepid merupakan suatu kompres/sponging dengan air hangat. Penggunaan kompres air hangat di lipat ketiak dan lipat selangkangan (inguinal) selama 10-15 menit akan membantu menurunkan panas dengan cara panas keluar lewat pori-pori kulit melalui proses penguapan.

Jika deman anak Anda tidak teratasi, sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter untuk mendeteksi penyebab demam, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

  • Refrensi http://www.alodokter.com/komunitas/topic/apa-obat-untuk-demam-290

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X