Lifestyle

5 Macam Virus Paling Berbahaya Di Muka Bumi

Foto (DW)

Assalamu’alaikum…

Virus menjadi wabah yang sangat ditakuti oleh setiap manusia di muka bumi ini. Dari sekian banyak virus yang ada dialam, ternyata virus Ebola dan HIV tidak dikategorikan sebagai virus paling berbahaya di dunia. Lalu, virus apa saja yang masuk menjadi virus paling berbahaya di dunia.

Ada lima virus yang paling berbahaya danVirus Lassa menjadi virus mematikan diurutan kelima. Seorang perawat di Nigeria adalah orang pertama yang terinfeksi virus Lassa. Virus Lassa berasal dan dibawah oleh hewan pengerat. Didalam kasusnya virus ini mncul di wilayah khusus, seperti pada bagian barat Afrika dan dapat kembali di sana setiap saat.

Kemudian, para Ilmuwan memperkirakan 15 persen hewan pengerat di daerah Afrika barat menjadi pembawa virus tersebut.

Virus paling berbahaya keempat adalah H5N1. Kasus flu burung sangat banyak terjadi di berbagai belahan dunia dan menyebabkan kepanikan secara global. Tidak heran jika virus ini paling berbahaya, karena kematian bagi orang yang terinveksi virus ini mencapai 70 persen.

Akan tetapi, resiko tertular H5N1 cukup rendah. Ini dikarenakan terinveksinya manusia akibat kontak langsung dengan unggas. Kebanyakan virus ini ditemukan di benua Asia, salah satunya Indonesia.

Virus selanjutnya yang paling berbahaya ketiga adalah Virus Hanta. Virus ini bisa ditemukan hewan pengera seperti tikus. Manusia dapat tertular bila melakukan kontak secara langsung dengan hewan dan kotorannya. Hanta berasal dari nama sungai dimana tentara AS diduga pertama kali terinfeksi virus tersebut. Dimana saat itu perang Korea pada tahun 1950. Gejala terinveksi virus ini seperti panyakit paru-paru, demam, dan gagal ginjal.

Marburg menjadi salah satu virus berbahaya dan menempati posisi dua. Namanya berasal dari kota kecil di sungai Lahn yang tidak ada hubungannya dengan penyakit tersebut. Virus ini yang menyebabkan demam berdarah. Tingkat faalitasnya mencapai 90 persen. Virus ini menyerang membran mukosa, kulit dan organ tubuh lainnya.

Terakhir dan menjadi virus paling mematikan adalah DBD (Demam Berdarah Dengue). Virus ini disebabkan oleh dengue. Ada beberapa jenis nyamuk yang menuarkan virus tersebut dan paling fatalnya dapat membahayakan nyawa dari penderita.

Dua milyar orang tinggal di kawasan yang terancam oleh virus ini dan termasuk negara kita Indonesia. Virus ini akan menyerang lewat pendarahan, kebocoran pembuluh darah dan tekanan darah rendah.

Berikut ini daftar lima virus paling berbahaya di dunia:

  1. Virus Dengue (DBD)
  2. Virus Marburg
  3. Virus Hanta
  4. Virus H5N1
  5. Virus Lassa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X